Agar Anak Lancar Membaca

Agar Anak Lancar Membaca

Membaca adalah dasar yang sangat penting untuk anak-anak dalam proses pembelajaran dan melatih anak agar bisa berkomunikasi dan berbicara dengan cara yang benar. Semenjak dini anak-anak harus diajari membaca karena pada usia dini perkembangan otak pada anak dapat berkembang dengan sangat pesat.

Pembelajaran pun disesuaikan dengan kondisi sang anak  ini dilakukan untuk menjaga perkembangan otak dan juga psikologis anak. Para orang tua juga dapat mempengaruhi keberhasilan buah hatinya dalam proses belajar, karena tidak mudah untuk mendorong anak dan memotivasi anak mau belajar membaca.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu agar anak menjadi lancar membaca, yaitu :

Ajari dari dasar

Dalam memberikan materi kepada anak, mulailah dari kata tunggal. Setelah lancar baru berlanjut ke kata majemuk, kalimat sederhana dan kalimat panjang.

Mengajarkan lewat lagu

Upaya ini dalam rangka mengajarkan anak agar selalu ingat dengan huruf-huruf yang menjadi syair lagu tersebut.   Kemampuan anak untuk mendengar melalui lagu-lagu akan lebih mudah dipahami karena dilakukan sambil bermain, hati mereka senang, riang gembira.

Melatih anak untuk membaca sambil bersuara

Tips ini berlaku bagi anak yang sudah bisa membaca, bila sudah bisa membaca mintalah agar anak membacakan buku dengan bersuara.    Cara ini bermanfaat agar ia bisa mengerti isi buku yang dibaca.    Hal ini juga agar kita mengetahui sudah sejauh manakah kemampuan membaca anak.    Jika ada kesalahan dalam membaca kita bisa segera membetulkannya.

Membacakan dongeng

Membacakan dongeng pada anak sangat besar manfaatnya.  Apalagi kalau kita dapat memilih waktu yang tepat untuk mendongengkan pada anak-anak.  Ada baiknya pula kalau kita dapat mempelajari teknik-teknik mendongeng yang baik sehingga hasil yang diharapkan dapat tercapai

Menyediakan poster bergambar

Ajaklah anak belajar menggambar poster dan dan menulis nama tokoh favoritnya.   Lalu tempelkan poster tersebut di kamar tidurnya agar anak bisa melihat dan membacanya setiap hari. Otak kanan yang visual bekerja dalam bentuk gambar. Namun terkadang sulit menuangkan ide gambar tersebut dalam bentuk tulisan.   Oleh karena itu dengan pembiasaan membuat poster bergambar yang disukai anak dapat melatih mereka untuk mempelajari peta pikiran dan menuangkannya ke dalam bentuk gambar.

Memasang poster huruf

Sebelum bisa membaca anak harus diperkenalkan dengan huruf terlebih dahulu.   Untuk itu, kita bisa memasang poster bergambar huruf-huruf dengan design yang menarik pada kamar tidur anak.   Sehingga anak akan terbiasa melihat dan membaca setiap hari.

Ciptakan kondisi nyaman

Hindarkan anak-anak dari benda-benda yang dapat mengalihkan perhatiannya saat belajar.   Misalnya televisi, video game, mainan, dan lain-lain.

Buat skala waktu belajar

Agar anak tidak bosan dalam belajar, batasan waktu sangat diperlukan.   Misalnya waktu belajar membaca maksimal 20 menit.   Sebab lebih dari itu anak akan merasa bosan.


(Visited 47 times, 1 visits today)