Apa Sih Manfaat Mainan Untuk Bayi

Bunda, apakah Bunda salah satu yang bertanya “Apa Sih Manfaat Mainan Untuk Bayi ?” Apakah mainan bayi itu ada manfaatnya untuk perkembangan si kecil, atau hanya untuk membuatnya senang saja.

Dimasyarakat mungkin banyak pendapat yang saling bertentangan tentang masalah manfaat mainan untuk bayi, apakah bayi perlu diberikan mainan atau tidak, karena banyak juga yang berpendapat kalau “bayi tidak perlu diberikan mainan karena toh dia juga belum mengerti apa apa”. Selain itu mungkin juga Anda pernah mendengar “Jangan memberikan mainan pada bayi Anda, karena dia akan menjadi manja” atau malah sebaliknya, ada juga yang bilang “Berikan bayi Anda banyak mainan agar supaya mereka mengembangkan otaknya.” Jadi … mana yang benar?

Kedua sisi perdebatan ini memiliki poin yang valid. Seorang bayi memang belajar dari hal-hal kecil saat dia bermain, dan lebih banyak dia bermain maka semakin banyak juga dia bisa belajar. Dengan pemikiran ini, banyak orang tua yang salah mengartikan dan menghabiskan uang untuk membeli mainan. Namun, terlalu banyak mainan juga tidaklah terlalu efektif, karena nantinya hanya keluar masuk box / kotak mainan saja.

Jadi untuk mengetahui manfaat apa saja yang bisa bayi dapatkan saat dia bermain, simak saja infonya dibawah ini.

Apa Saja Manfaat Mainan Untuk Bayi

Manfaat Mainan Untuk Bayi
Image credit: Toys by jeltovski, at www.morguefile.com/archive/display/548882

Bayi belajar tentang dunia mereka dengan menggunakan kelima indera mereka, seperti: penglihatan, pendengaran, rasa, bau, dan sentuhan. Mainan membantu bayi mengembangkan kemampuan inderanya tersebut, dan inilah manfaat mainan untuk bayi yang harus Anda ketahui:

  • Mainan membantu bayi Anda belajar bagaimana mengontrol gerakan dan bagian tubuhnya
  • Mainan membantu bayi Anda mencari tahu bagaimana segala sesuatu itu bekerja
  • Menunjukan bayi bagaimana ia dapat mengontrol hal-hal di dunianya
  • Mengajarkan bayi Anda akan ide-ide baru
  • Mainan membantu bayi untuk membangun, mengontrol otot, koordinasi, dan kekuatannya
  • Manfaat mainan bayi lainnya adalah membangun daya imajinasinya
  • Menampilkan bayi Anda bagaimana cara untuk memecahkan masalah sederhana
  • Membantu bayi Anda untuk belajar cara bermain sendiri
  • Mainan bayi akan mengajarkannya bagaimana untuk berbagi dan bekerja sama dengan orang lain

Para ahli setuju bahwa bayi membutuhkan berbagai macam mainan untuk memperkaya hidup mereka hidup dan mendorong pembelajaran. Meskipun bayi Anda dapat belajar dari mainan mahal yang dibeli di toko mainan, sebenarnya dia juga bisa belajar dari selembar kertas yang kusut, satu set sendok ukur, sebuah kotak kosong, atau mainan lainnya yang ada disekitarnya .

Semoga artikel “Manfaat Mainan Untuk Bayi” ini bisa bermanfaat untuk Anda semua.


(Visited 52 times, 1 visits today)