Apa Itu Asi Eksklusif dan Apa Manfaat Asi Eksklusif

Apa itu Asi eksklusif ? Pengertian ASI eksklusif adalah proses yang hanya memberikan ASI saja kepada bayi dari semenjak bayi lahir sampai bayi menginjak usia 6 bulan, dengan tanpa memberikan atau menambahkan makanan/minuman tambahan lainnya kepada si kecil sampai dia berumur 6 bulan +.

Asi Eksklusif
Asi Eksklusif | World Breastfeeding Week 2016
Image credit: Title: World Breastfeeding Week 2016 | worldbreastfeedingweek.org

Jadi Bunda tidak perlu memperkenalkan MPASI kepada Bayi Anda dalam kurun waktu 6 bulan sejak awal kelahiran, karena pada usia ini ASI Eksklusif adalah makanan terbaik untuk si bayi. Mungkin pada usia sekitar 6 bulan keatas Bunda mulai bisa mencoba memberinya makanan pendamping ASI (MPASI), namun perhatikan pula reaksi bayi, siapa tahu bayi Anda alergi terhadap makanan-makanan tertentu.

Oh iya kalau Bunda belum tahu, kita informasikan juga bahwa pada tanggal 1-7 agustus 2016 lalu adalah merupakan World Breastfeeding Week atau Pekan ASI Sedunia (PAS). Kegiatan ini dilaksanakan di lebih 120 negara di Dunia. Tujuannya adalah untuk untuk membangun kembali budaya menyusui global dan memberikan dukungan untuk pemberian Asi dimana-mana.

MPASI Bayi Usia 0 - 24 Bulan
Makanan Bayi 0 - 6 Bulan Makanan Bayi 6 - 9 Bulan
Makanan Bayi 9 - 12 Bulan Makanan Bayi 1 - 2 Tahun

Manfaat ASI Eksklusif

manfaat asi eksklusif
Asi Ekslusif
Image credit: Title: Mothers from conflict-affected Eastern Ukraine on Training on Breastfeeding, by UNICEF Ukraine

Manfaat ASI Eksklusif memang sudah tidak bisa diragukan lagi, karena Asi memiliki kontribusi yang sangat besar terhadap tumbuh kembang sang anak dan juga daya tahan tubuh yang baik.

Dan seperti yang pernah kami tulis lengkap pada artikel sebelumnya berikut beberapa manfaat ASI untuk Ibu dan Bayi.

  • ASI sebagai sumber nutrisi
  • ASI memberikan kekebalan tubuh atau imunnitas, terutama ASI yang diberikan pada awal menyusui
  • Asi eksklusif bisa meningkatkan kecerdasan otak pada anak
  • Bisa mempererat pertalian kasih sayang antara Ibu dan Anak

Selain itu, beberapa point dari hasil sebuah research dan kajian global mengenai manfaat menyusui atau pemberian Asi pada bayi yang tertuang pada “The Lancet Breastfeeding Series” memberikan fakta bahwa:

  • Meningkatkan praktek pemberian Asi bisa menyelematkan setidaknya 820.000 jiwa / tahunnya, dan 87% dari mereka adalah bayi di bawah Usia 6 bulan
  • Hampir setengah dari penyebab diare dan sepertiga dari semua infeksi pernapasan akan dicegah dengan peningkatan pemberian ASI di negara berpenghasilan rendah dan menengah
  • Ada bukti yang berkembang bahwa menyusui mengurangi prevalensi overweight / obesitas dan diabetes di kemudian hari
  • Pemberian ASI yang lebih panjang dikaitkan dengan kinerja yang lebih tinggi pada tes kecerdasan pada anak dan remaja
  • Tiap tahunnya seorang ibu yang menyusui, risiko nya mengembangkan kanker payudara ganas mengalami penurunan sebesar 6%. Menyusui juga mengurangi risiko kanker ovarium.

Nah setelah membacanya semoga para ibu semakin sadar akan pentingnya manfaat ASI Eksklusif bagi bayi dan ibu, dan mau menyusui bayi’nya hingga minimal hingga usianya 6 bulan pertama. Setelah lewat 6 bulan, maka Bunda sudah mulai bisa memperkenalkan MPASI kepada bayi’nya.

Karena teramat pentingnya ASI Eksklusif ini untuk Bayi khususnya di Indonesia maka, keluarlah keputusan Menteri tentang ASI Eksklusif, berikut petikannya :

KEPUTUSAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 450/MENKES/SK/IV/2004 TENTANG PEMBERIAN AIR SUSU IBU (ASI) SECARA EKSKLUSIF PADA BAYI DI INDONESIA

Menetapkan:

  • Pertama : KEPUTUSAN MENETRI KESEHATAN TENTANG PEMBERIAN AIR SUSU IBU (ASI) SECARA EKSKLUSIF BAGI BAYI DI INDONESIA
  • Kedua : Menetapkan pemberian Air Susu Ibu (ASI) secara eksklusif bagi bayi di Indonesia sejak bayi lahir sampai dengan bayi berumur 6 (enam) bulan dan dianjurkan dilanjutkan sampai anak berusia 2 (dua) tahun dengan pemberian makanan tambahan yang sesuai.
  • Ketiga : Semua tenaga kesehatan yang bekerja di sarana pelayanan kesehatan agar menginformasikan kepada semua Ibu yang baru melahirkan untuk memberikan ASI Eksklusif
  • Keempat : Tenaga Kesehatan dalam memberikan informasi sebagaimana dimaksud Diktum Ketiga agar mengacu kepada Sepuluh Langkah Menuju Keberhasilan Menyusui (LMKM) sebagaimana terlampir dalam Keputusan ini.
  • Kelima : Keputusan ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan.
Baca Juga Artikel
ASI dan Manfaatnya
Kandungan ASI
Tips Cara Memperbanyak ASI
Makanan Pendamping ASI
Tips Cara menyimpan ASI

Semoga artikel ini bisa memberikan pencerahan untuk kita semua. Apabila Ada info-info baru, artikel mengenai Asi eksklusif dan manfaatnya ini akan kita update jika memungkinkan. Atau kalau tidak, akan kita ulas pada artikel selanjutnya.


(Visited 44 times, 1 visits today)