Asi Eksklusif

ASI Eksklusif dan Manfaatnya


HOME – MAKANAN BAYI |ASI Eksklusif dan Manfaatnya
Makanan Bayi 0 – 6 Bulan | Makanan Bayi 6 – 9 Bulan
Makanan Bayi 9 – 12 Bulan | Makanan Bayi 1 – 2 Tahun

Pengertian ASI eksklusif adalah proses yang hanya memberikan ASI saja kepada bayi (Ini berarti bayi tidak diberi air putih, teh, minuman ramuan, cairan lain selain ASI), dari semenjak bayi lahir sampai bayi menginjak usia 6 bulan, tanpa memberikan atau menambahkan makanan/minuman tambahan lainnya kepada si kecil sampai dia berumur 6 bulan +.

ASI EKSKLUSIFAnda tidak perlu memperkenalkan MP-ASI kepada anak Anda dalam kurun waktu 6 bulan sejak awal kelahiran, karena pada usia ini ASI Eksklusif adalah makanan terbaik untuk si bayi. Mungkin pada usia sekitar 6 bulan keatas anda mulai bisa mencoba memberinya makanan pendamping ASI (MP-ASI), namun perhatikan pula reaksi bayi, siapa tahu bayi Anda alergi terhadap makanan-makanan tertentu.


Manfaat ASI Eksklusif


Manfaat ASI Eksklusif memang sudah tidak bisa diragukan lagi, selain bermanfaat untuk bayi nya itu sendiri, namun bermanfaat juga untuk sang Ibu dan keluarga. Seperti yang pernah kami tulis lengkap sebelumnya pada artikel >> ASI dan Manfaat ASI <<, berikut ringkasannya :

  • ASI sebagai sumber nutrisi
  • ASI memberikan kekebalan tubuh atau imunnitas, terutama pada ASI yang diberikan pada awal menyusui
  • Asi eksklusif bisa meningkatkan kecerdasan otak pada anak
  • Bisa mempererat pertalian kasih sayang antara Ibu dan Anak

Semoga para ibu semakin sadar akan pentingnya ASI Eksklusif,  dan mau menyusui bayi’nya hingga minimal 6 bulan pertama, karena setelah lewat 6 bulan maka Bunda sudah mulai bisa memperkenalkan MP-ASI kepada bayi’nya.


Baca Juga Artikel
ASI dan Manfaatnya
Kandungan ASI
Tips Cara Memperbanyak ASI
Makanan Pendamping ASI
Tips Cara menyimpan ASI

Karena teramat pentingnya ASI Eksklusif ini untuk Bayi khususnya di Indonesia maka, keluarlah keputusan Menteri tentang ASI Eksklusif, berikut petikannya :

KEPUTUSAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 450/MENKES/SK/IV/2004 TENTANG PEMBERIAN AIR SUSU IBU (ASI) SECARA EKSKLUSIF PADA BAYI DI INDONESIA

Menetapkan:

  • Pertama : KEPUTUSAN MENETRI KESEHATAN TENTANG PEMBERIAN AIR SUSU IBU (ASI) SECARA EKSKLUSIF BAGI BAYI DI INDONESIA
  • Kedua : Menetapkan pemberian Air Susu Ibu (ASI) secara eksklusif bagi bayi di Indonesia sejak bayi lahir sampai dengan bayi berumur 6 (enam) bulan dan dianjurkan dilanjutkan sampai anak berusia 2 (dua) tahun dengan pemberian makanan tambahan yang sesuai.
  • Ketiga : Semua tenaga kesehatan yang bekerja di sarana pelayanan kesehatan agar menginformasikan kepada semua Ibu yang baru melahirkan untuk memberikan ASI Eksklusif
  • Keempat : Tenaga Kesehatan dalam memberikan informasi sebagaimana dimaksud Diktum Ketiga agar mengacu kepada Sepuluh Langkah Menuju Keberhasilan Menyusui (LMKM) sebagaimana terlampir dalam Keputusan ini.
  • Kelima : Keputusan ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan.

Related Posts:

This entry was posted in Makanan Bayi and tagged , , . Bookmark the permalink.