Bayi Ketawa

Cara Membuat Bayi Lucu Ketawa


Bunda pasti bahagia sekali apabila melihat seorang bayi ketawa lucu sekali, terlebih apabila bayi tersebut adalah buah hati Bunda sendiri. Melihat sang buah hati tersenyum lebar dengan mata yang berbinar-binar memang sangat menyenangkan sekali. Bukan tidak mungkin tertawanya bayi menandakan bayi tersebut sedang dalam kondisi sehat, atau lebih dalamnya lagi menandakan bahwa hubungan antara Bunda dan bayinya terjalin dengan sangat baik.
Efek psikologis yang terjadi atau yang didapat pada saat melihat seorang bayi lucu ketawa atau tertawa adalah timbulnya perasaan kasih sayang yang semakin dalam antara orang tua dan bayinya. Ketawa bayi juga bisa memberikan efek rileks pada orang yang bercanda dengan bayi tersebut, sedangkan untuk bayi dia akan mendapatkan pelajaran kecerdasan alami, yang mana dia akan tahu mana yang bisa membuatnya bahagia dan yang mana yang bisa membuatnya tidak senang dan menangis.

Untuk dapat membuat bayi ketawa memang caranya berbeda-beda, tergantung dari keahlian dari orang yang mengajak bayi tersebut bercanda. Berikut ini adalah beberapa tips umum cara membuat bayi ketawa yang biasa dilakukan.

1

Katakan ” Ci Luk Baa “
Bayi Ketawa - Bermain ci luk baaCara membuat bayi ketawa yang pertama ini merupakan cara yang paling populer di indonesia. Dengan menutup wajah kita dengan kedua telapak tangan sambil berkata ” Ci Luk ” dan kemudian dengan seyum yang lebar kita buka kedua telapak tangan kita sambil berkata ” Baa “, sang bayi biasanya akan tertawa terpingkal-pingkal melihat tingkah laku anda.

2

Bermain Petak Umpet Kecil
Pada saat sang bayi melihat wajah Anda, segeralah bersembunyi atau menghilang dari pandangannya, secara refleks sang bayi akan melihat-lihat disekelilingnya mencari keberadaan anda. Lalu datanglah secara tiba-tiba sambil katakan ” Doorr ” atau ” Baa” dengan nada yang tidak terlalu keras namun lembut. Mungkin akan sedikit mengagetkannya namun pada akhirnya biasanya sang bayi akan tau kalau anda sedang mengajaknya bercanda dan kemudian dia akan tertawa dengan sendirinya. Jika dilakukan berulang-ulang bukan tidak mungkin sang bayi akan tertawa terbahak-bahak.

3

Menggelitik ketiak, Perut, atau kaki bayi
Bayi sangat suka di kelitikCara ini tentu tidak kalah populer dengan “Ci Luk Baa”, dengan memberikan garukan kecil dan lembut atau biasa dikenal dengan istilah menggelitik pada bagian ketiak, perut atau kaki sang bayi bisa membuat bayi ketawa keras dan lepas. Lakukanlah sambil menyebut-nyebut namanya.

4

Menggigit lembut Jari Tangan atau Kaki Bayi
Beberapa bayi sangat menyukai jika orang tuanya menggigit lembut jari tangan atau kaki mereka. Meskipun tidak sungguh-sungguh menggigit tapi lebih tepatnya menjepit jari tangan dan kaki bayi dengan kedua bibir. Lakukan sambil tersenyum dan  bisa juga sambil memanggil-manggil nama bayinya.

5

Pasang Wajah Konyol
Terkadang bayi sangat suka melihat ekspresi wajah-wajah konyol Anda, jadi pasang wajah terkonyol yang bisa Anda lakukan sambil mengeluarkan suara bergumam, dekatkan wajah Anda pada sang bayi, biarkan dia memegang-megang wajah Anda yang lucu.

6

Temukan Boneka atau Mainan kesukannya
Setiap bayi pasti mempunyai mainan kesukaannya, jadi tugas anda sebelumnya adalah temukan mainan apa yang dia suka. Anda bisa memberikannya pada saat-saat tertentu dimana Anda tak dapat mengajaknya bermain. Mainan yang digantung dan bisa mengeluarkan bunyi-bunyian mungkin bisa membuat bayi Anda tersenyum gembira.

7

Bernyayilah atau Perdengarkan Musik
Bayi sangat suka musik, terkadang dia akan menggerak-gerakan bagian tubuhnya mengikuti irama lagu. Dampingi dia sambil ikut bernyanyi, niscaya bayi akan senang sekali. Atau mungkin anda bisa sambil mengendongnya sambil menari-menari kecil mengikuti alunan lagu.

8

Gendong dan Jadikan Lebih Tinggi
Pada saat menggendong bukan berarti Anda tidak bisa membuatnya bayi Anda tersenyum atau ketawa, sebagian orang tua kadang mengangkat bayinya tinggi-tinggi seperti akan melemparnya padahal tidak sama sekali, biasanya caranya adalah memegang bayi pada bagian ketiak lalu mengangkatnya keatas. Namun jika Anda tidak ahli memegang bayi atau merasa was-was sebaiknya jangan dilakukan karena memang agak berbahaya.

Memang banyak sekali cara untuk membuat sang bayi ketawa, meskipun tidak dipungkiri terkadang  cara yang dilakukan diatas malah bisa membuat bayi Anda malah menangis. Banyak faktor yang bisa membuat cara-cara diatas gagal membuat sang buah hati tertawa, misalnya pada saat bayi anda memang sedang sakit sehingga kecendrungan lebih mudah menangis dari pada ketawa, atau mungkin dirinya sedang merasa tidak nyaman dengan kondisi sekitarnya. Semoga Bermanfaat.


Related Posts:

This entry was posted in Ibu dan Bayi and tagged , , , . Bookmark the permalink.