Bayi Menangis

Mengapa Bayi Menangis


Tangisan BayiMengapa bayi menangis? Mungkin hal tersebut pernah terlintas dipikiran Bunda. Bayi menangis karena ada yang ingin disampaikan oleh si kecil, namun karena dia masih belum bisa bicara maka hanya dengan menangis dan bahasa tubuhlah sikecil bisa mengungkapkan apa yang dia rasakan. Namun kadangkala tangisan bayi sering membuat Bunda atau se’isi rumah kalang kabut, ada apakah gerangan? sakitkah dia? laparkah atau mungkin ada hal lain yang ingin sekali disampaikan si kecil namun tidak bisa kita tangkap maksud dan tujuan tangisannya.

Menurut beberapa penelitian yang dilakukan oleh para ahli anak mengatakan bahwa, arti tangisan bayi tidaklah sama, setiap tangisan dan gerakan anggota tubuhnya akan mewakili keinginan si kecil pada orang yang ada disekitarnya, namun bagi kita semua tangisan adalah terdengar sama saja, sehingga hanya menerka-nerka apakah sikecil haus atau lapar.

Arti Tangisan Bayi, Penyebab Bayi Menangis, dan Cara Mengatasinya


Pada saat Bayi menangis, kemungkinan ada beberapa penyebab yang mengakibatkan bayi bisa menangis, diantaranya adalah :

1

Bayi Sedang Lapar
Biasanya tangisan yang terjadi pada saat bayi lapar akan berlangsung terus menerus, berhenti sebentar lalu kembali menangis dengan suara yang lebih keras sampai  keinginannya dipenuhi. Rata-rata pada saat bayi menangis seorang ibu akan langsung memberinya ASI atau susu karena biasanya perkiraan bayi laparlah yang ada dipikiran sang ibu ketika bayinya menangis.

2

Popoknya Basah
Pada saat bayi ternyata menolak diberi susu atau ASI maka sang Bunda harus mengira-ngira kenapa sikecil sampai terus menagis. Periksalah popoknya siapa tahu memang popoknya sudah basah atau terkena kotoran, sehingga membuat sang bayi menjadi tidak nyaman dan terus menerus menangis. Gantilah jika memang popoknya sudah basah atau kotor, atau perhatikan sudah berapa lama popok tersebut dipakai oleh bayi, siapa tahu memang sang bayi sudah tidak nyaman dengan popok yang sudah terlalu lama dia pakai.

3

Minta digendong atau dipeluk
Bayi memang suka sekali dekat dengan Anda, jadi cobalah menggendongnya dan memeluknya sambil digoyang-goyang disaat Bayi menolak untuk diberi susu dan terus menangis. Pelukan dan gendongan kadang bisa meredakan tangisannya. Selain itu faktor kelelahan bayi mungkin juga bisa menjadi penyebab dia ingin digendong dan dipeluk, tidak lain dan tidak bukan adalah karena sang bayi ingin Bunda mengantarnya tidur dengan nyaman. Memang sangat sulit mengartikan tangisan bayi pada setiap tangisannya, jadi upaya-upaya inilah yang bisa Bunda lakukan untuk menghentikan tangisannya.

4

Bayi Sedang Sakit
Pada kondisi ini biasanya bayi akan menangis dengan sangat keras sekali, segala upaya yang Bunda lakukan sudah Bunda coba namun sang bayi terus saja menangis dan malah semakin keras. Periksalah tubuhnya, cek kondisinya, apakah panas atau tidak. Karena mungkin saja bayi Bunda memang sedang sakit panas atau sakit yang tanpa kita tahu apa yang menyebabkan bayi terus menerus menangis. Segeralah bawa ke dokter jika memang Bunda merasa khawatir akan kesehatannya.


Foto by Shuné Pottier at http://www.sxc.hu/profile/Shune
Original image name :is Silent scream | Original Source Image : http://www.sxc.hu/photo/690096



(Visited 60 times, 1 visits today)