Bayi Prematur

Apa itu bayi preamatur? Kenapa seorang bayi bisa dilahirkan secara prematur, untuk mengetahuinya simak penjelasannya dibawah ini.

Pengertian Bayi Prematur

Bayi Prematur adalah bayi yang lahir dimana lama masa Kehamilan hanya berlangsung sekitar 40 minggu. Seorang bayi yang lahir 3 minggu lebih awal atau lebih dini merupakan Bayi prematur. Bayi yang lahir lebih dekat dengan tanggal jatuh temponya mereka cenderung

Bayi Prematur
Bayi Prematur

memiliki lebih sedikit masalah daripada bayi yang lahir lebih awal. Tapi bahkan mereka yang lahir bayi prematur terlambat (lebih dekat ke 37 minggu) beresiko untuk masalah.

Memiliki bayi prematur mungkin menegangkan dan mungkin untuk sebagian orang tua bisa menjadi hal yang menakutkan, hal itu mungkin sebuah kekhawatiran dikarenakan mendengar bahwa bayi yang lahir terlalu dini sering kali harus mendapatkan perhatian ekstra karena memiliki masalah kesehatan sehingga kadang harus dirawat di dalam tabung inkubator, dimana di dalam tabung inkubator tersebut suhu nya disesuaikan dengan suhu didalam kandungan ibu.

Penyebab Bayi Prematur

Penyebab bayi prematur adalah dapat disebabkan oleh masalah dengan janin, ibu, atau keduanya. Seringkali penyebabnya tidak pernah diketahui. Penyebab paling terjadi diantaranya adalah:

  • Masalah dengan plasenta.
  • Kehamilan kembar atau lebih.
  • Infeksi pada ibu.
  • Masalah dengan rahim atau leher rahim.
  • Drug atau alkohol selama kehamilan.

Perawatan Bayi Prematur

Perawatan Bayi prematur memang harus sedikit harus lebih ekstra, biasanya bayi yang terlahir prematur harus ditempatkan di Neonatal Intensive Care Unit (NICU) atau yang lebih dikenal

 INKUBATOR BAYI atau  NICU - Neonatal intensive care unit
INKUBATOR BAYI atau NICU – Neonatal intensive care unit

dengan ICU khusus untuk bayi bayi yang terlahir prematur. Bayi yang masuk ke NICU diawasi dengan ketat terhadap infeksi dan perubahan pernapasan dan detak jantung. Sampai mereka dapat mempertahankan panas tubuh mereka, mereka akan tetap hangat di tempat tidur khusus yang disebut isolettes.

Mereka biasanya makan melalui vena (intravena), tergantung pada kondisi mereka. Tabung makan berlangsung sampai bayi mampu bernapas, menghisap, menelan, menyusui dengan payudara atau botol.

Bayi yang sakit dan terlahir sangat prematur membutuhkan perawatan khusus, tergantung pada masalah medis apa yang mereka miliki. Mereka yang membutuhkan bantuan pernapasan dibantu dengan selang oksigen atau mesin, yang disebut ventilator, udara yang bergerak masuk dan keluar dari paru-paru. Beberapa bayi membutuhkan obat, dan jangan lupa ASI diberikan guna perlindungan ekstra dari infeksi. Anda dapat memompa ASI dan membawanya ke rumah sakit untuk bayi Anda.

Mengapa melahirkan bayi prematur masalah

Ketika bayi lahir terlalu dini, organ utama nya tidak sepenuhnya terbentuk. Hal ini dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti:

  • Bayi yang lahir lebih dekat ke 32 minggu (lebih dari 7 bulan) mungkin tidak dapat untuk makan, bernapas, atau menghangatkan tubuhnya sendiri. Namun setelah bayi-bayi memiliki waktu untuk tumbuh, kebanyakan dari mereka dapat meninggalkan rumah sakit.
  • Bayi yang lahir lebih awal dari 26 minggu (hanya di bawah 6 bulan) adalah yang paling mungkin memiliki masalah serius. Jika bayi lahir sangat kecil atau sakit, Anda mungkin menghadapi keputusan sulit tentang pengobatan.

Pencegahan Dari Kelahiran Bayi Prematur

Salah satu langkah paling penting untuk mencegah prematuritas adalah dengan menerima perawatan kehamilan sedini mungkin pada kehamilan, dan untuk terus melanjutkan perawatan tersebut sampai bayi lahir. Statistik jelas menunjukkan bahwa perawatan kehamilan dini dan baik mengurangi kemungkinan kelahiran prematur. Persalinan prematur kadang-kadang dapat diobati atau ditunda oleh obat yang menghambat kontraksi rahim.

Jadi selalu merawat kehamilan anda dengan asupan yang begizi tentu sangat baik untuk buah hati anda, sayangilah kandungan anda, dan selalu periksakan kandungan anda pada bidan bidan pilihan anda, semoga bayi anda kelak terlahir dalam keadaan sehat walafiat. SALAM.


(Visited 347 times, 1 visits today)