Apa Itu Bayi Tabung – Bayi Tabung Itu Apa Sih?

Bayi tabung itu apa sih? Mungkin ini yang pertama kali terlintas dipikiran seseorang ketika dokter menyarankan program ini kepada mereka. Mereka yang dimaksud disini adalah para pasangan yang telah lama menikah tapi sulit untuk mendapatkan keturunan.

Program bayi tabung adalah jawaban terbaik untuk jutaan pasangan yang sangat ingin mendapatkan anak, yang sebelumnya hal tersebut sangatlah sulit untuk mereka diwujudkan. Telah banyak pasangan yang berhasil dan kini berbahagia karena sang buah hati telah hadir ditengah-tengah kehidupan mereka. Nah lalu apa itu sebenarnya program bayi tabung, berikut infonya.

Apa Itu Bayi Tabung ?

Bayi tabung adalah sebuah metode yang biasa dikenal dengan istilah In Vitro Fertilisation ( IVF), singkatnya yaitu sebuah metode pembuahan yang mana sel telur atau ” OVUM ” dibuahi di luar tubuh wanita. Bayi tabung adalah salah satu metode untuk mengatasi masalah

Bayi Tabung
Proses Pembuahan Pada Program Bayi Tabung

kesuburan pada wanita ketika metode lainnya tidak berhasil.

Prosesnya itu sendiri dilakukan dengan cara mengendalikan proses ovulasi secara hormonal, pemindahan sel telur dari ovarium dan pembuahan oleh sel sperma dalam sebuah medium cair.

Sejarah Bayi Tabung

Sejarah bayi tabung ini dimulai ketika P.C Steptoe dan R.G Edwards merintisnya pada tahun 1977, dan kelahiran Louise Joy Brown melalui program bayi tabung (IVF) di Oldham, England pada 25 Juli 1978 adalah tonggak utama dalam perawatan kemandulan. Ini secara dramatis mengubah pilihan pengobatan untuk pasangan yang kurang atau tidak subur, dan dalam kurun waktu 30 tahun teknik untuk melakukan reproduksi bantuan ini menjadi berkembang pesat.

Program bayi tabung

Program ini merupakan pilihan pengobatan untuk pasangan dengan berbagai jenis kemandulan, dan karena sebab itulah maka memungkinkan dokter untuk melakukan metode ini di laboratorium apa yang sebenarnya seharusnya  terjadi di kamar tidur. Awalnya, program ini hanya boleh digunakan ketika ada masalah pada pasangan yang bersangkutan seperti:

  • Faktor Hubungan seksual, seperti hubungan intim yang tidak teratur atau disfungsi alat organ vital pada salah satu pasangan yagn tidak bekerja seharusnya.
  • Faktor infeksi, seperti infeksi pada sitem seksual dan reproduksi pria maupun wanita, misalnva infeksi pada buah pelir dan infeksi pada rahim.
  • Faktor hormon, seperti terjadinya gangguan disfungsi hormon pria atau wanita bersangkutan sehingga pembentukan sel spermatozoa dan sel telur terganggu.
  • Faktor fisik, seperti benturan atau tekanan pada buah pelir sehingga proses produksi spermatozoa terganggu.
  • Fakror psikis, seperti stress yang sangat berat pada salah satu pasangan baik pria ataupun wanitanya sehingga mengganggu pembentukan setspermatozoa dan sel telur
Program Bayi Tabung
In Vitro Fertilisation ( IVF)

Hari ini, program bayi tabung digunakan untuk menghindari ketidaksuburan disebabkan oleh hampir semua masalah, termasuk endometriosis, masalah kekebalan; infertilitas, dan infertilitas pria. Ini adalah jalur akhir yang umum diambil apabila hal hal diatas terjadi dan diperlukan.

Biaya Bayi Tabung

Biaya bayi tabung di Indonesia memang cukup mahal. Menurut beberapa sumber berita yang

bertebaran di Internet, harga program bayi tabung ini sekitar 40 – 70 juta rupiah, jadi intinya adalah  jagalah kesehatan kita, jangan mengkonsumsi makanan atau minuman yang bisa menggangu  sistem reproduksi kita, seperti minuman ber-alkohol atau mengkonsumsi Narkoba, selalu berdoa dan jika tuhan mengijinkan maka tidak mungkin kita akan diberi kepercayaan untuk mendapatkan anak.

Beberapa Faktor Yang Menyebabkan Program Bayi Tabung Gagal

Bayi Tabung
Artis Inul Daratista Berhasil Melakukan Program Bayi Tabung

Dibalik kesuksesan program ini dalam memberikan harapan yang besar kepada pasangan yang ingin memiliki anak, ada juga faktor yang membuat program ini menjadi tidak berhasil, diantaranya adalah:

  • Wanita yang terlalu tua, namun tidak ada batas usia atas di mana program ini tidak dapat dilakukan. Dan, bahkan, untuk wanita yang lebih tua, mungkin program ini merupakan satu-satunya kesempatan mereka untuk sukses. Tidak benar-benar usia wanita yang merupakan faktor pembatas, melainkan kualitas telurnya.
  • Pria yang jumlah spermanya sangat rendah. Kebanyakan klinik yang akan mempertimbangkan melakukan program bayi tabung hanya untuk pria dengan minimal 3 juta sperma motil dalam ejakulasi. Jika jumlah sperma lebih rendah dari ini, maka ICSI (atau injeksi) adalah pilihan yang lebih baik.
  • Wanita dengan rahim yang rusak (misalnya, karena TBC disembuhkan) karena kemungkinan implantasi yang sukses embrio dalam rahim menjadi sangat miskin.

Program bayi tabung adalah prosedur kompleks yang melibatkan komitmen pribadi dan keuangan yang cukup besar. Dibutuhkan pemikiran yang matang dari kedua belah pihak, serta harus dipikirkan juga dampaknya secara hukum dan juga agama karena hingga sekarang memang masih terjadi kesimpangsiuran tentang masalah program ini.

Jika kedua belah pihak telah setuju maka lakukanlah ditempat praktek yang legal dan terpercaya, jagalah kesehatan dan berkomitmenlah yang kuat agar program bayi tabung yang anda lakukan berhasil. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. SALAM


(Visited 429 times, 7 visits today)