Bayi

BAYI DAN PRILAKUNYA


Bayi adalah seorang manusia mungil yang terlahir ke dunia dengan seribu harapan, apa yang anda lakukan ketika pertama kali mendengarnya menjerit?
bayi lucu
Apa yang akan dilakukan ketika pertama kali mendengarnya menangis? Senang, bahagia dan haru bukan. Setelah menunggunya 9 bulan dan dengan perjuangan yang luar biasa untuk melahirkannya ke dunia, kini dia hadir ditengah tengah keluarga kecil anda, mewarnai kehidupan anda dengan tawa tawa kecilnya, mewarnai hidup anda dengan senyum lucunya, maka siapkanlah nama bayi yang indah dan cintailah bayi anda dengan sepenuh hati anda.

Kini sudah saatnya para ibu baru atau calon ibu mengetahui dan membaca semua informasi penting tentang bayi dan perkembangannya, supaya anda kelak dapat merawat buah hati anda dengan hal terbaik yang bisa anda lakukan. Menurut psikologi, bayi adalah periode perkembangan yang merentang dari kelahiran hingga 18 atau 24 bulan. Masa bayi adalah masa yang sangat bergantung pada orang dewasa. Banyak kegiatan psikologis yang terjadi hanya sebagai permulaan seperti bahasa, pemikiran simbolis, koordinasi sensorimotor, dan belajar sosial.

Para Ibu ata calon Ibu harus tau bahwa bayi memiliki banyak cara untuk memberitahu Anda apa yang mereka inginkan atau butuhkan. Setiap bayi memiliki cara mereka sendiri bertindak  yang tidak seperti orang lain. Anda akan merasa perlu untuk memahami dan merawat bayi Anda dengan melihat apa yang mereka lakukan (perilaku), mengidentifikasi isyarat, berinteraksi dengan bayi anda selama waktu tertentu, dan membantu mereka melalui siklus saat tidur.

Isyarat bayi yang mesti kita perhatikan

Bayi memiliki banyak isyarat untuk memberitahu Anda apa yang dia inginkan. Banyak dari isyarat yang nonverbal tetapi dapat menyebabkan mereka menangis ketika tidak dilayani. Ketika bayi Anda ingin bermain atau ingin bersama Anda, ini disebut dengan Isyarat Pendekatan. Ketika bayi Anda membutuhkan istirahat maka biasanya ia menampilkan Isyarat Penarikan seperti menggeliat dan menendang, menguap, mengerutkan dahi atau menutup matanya. Pada saat bayi terlentang atau terjaga maka ini sangat bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan normal mereka, dan ketika bayi dalam posisi tertelungkup atau tengkurap ini akan memperkuat otot leher mereka dan mendorong aktifitas merangkak.

Perilaku Bayi

Cara bayi berperilaku akan mempengaruhi bagaimana cara mereka akan dirawat oleh Anda dan orang lain kelak. Bila Anda belajar bahasa khusus bayi (perilaku, isyarat), maka hal ini mungkin dapat membuat apa yang akan Anda lakukan dengan bayi Anda menjadi lebih menyenangkan.

Belajar mengerti prilaku bayi anda adalah salah satu cara mengetahui bahasa khusus si kecil . Biasanya Bayi senang dan memiliki kemampuan untuk:

  • Melihat: Bayi yang baik dapat mengikuti wajah dan benda-benda dengan mata dan kepala pada jarak delapan-12 inci. Mereka merespon warna yang kontras dan wajah manusia.
  • Mendengar: Bayi mendengarkan banyak sekali suara, namun bayi lebih mengenali suara ibunya.
  • Pelukan: Kebanyakan bayi suka dipeluk dengan cara meringkuk ke dalam lekukan lengan atau leher.
  • Senyum:  Selama minggu-minggu awal kelahirannya, senyum bayi adalah refleks. Di minggu ke-3 atau ke-4 maka bayi  akan  tersenyum kembali kepada Anda, namun kali ini sebagai respon terhadap perhatian yang Anda berikan, termasuk tersenyum dan berbicara.
  • Gerakan: Bayi dapat menggerakkan tangan dan kaki banyak atau sedikit. Gerakan-gerakan ini mungkin halus atau menyentak.

Bayi Anda juga kadang memberikan banyak isyarat untuk menunjukan kalau dia ingin diberi makan. Gunakan kelima isyarat perilaku berikut untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mulai menyusui Bayi anda atau memberinya susu botol:

  • Gerakan cepat mata di bawah kelopak mata
  • Mengisap gerakan mulut dan lidah
  • Tangan digerakan ke mulut
  • gerakan tubuh
  • Suara merintih kecil

Hindari menutupi tangan bayi dengan manset kaos nya atau membungkus dia sedemikian rupa sehingga tangan tidak dapat mencapai mulut. Hal ini dapat mencegah bayi Anda mengisap jarinya atau tinjunya yang menghibur, selain itu gerakan tangan bayi seperti yang kita tahu adalah dapat juga berfungsi sebagai isyarat untuk meminta makan.

Penelitian membuktikan bahwa ketenangan sang ibu terasa secara langsung setelah sukses melahirkan, demikian itu dari sisi kebahagiaan sang ibu. Adapun dari sisi sang anak yang baru lahir maka ia merasakan sentuhan kasih sayang dari sang ibu pada jam-jam pertama dan kedua sehingga pada saat itu sang bayi betul-betul merasakan adanya sentuhan dan belaian. Setelah itu sang bayi banyak menghabiskan waktu dan harinya untuk tidur.

Para peneliti menyimpulkan bahwa dua jam setelah kelahiran bayi merupakan saat-saat yang paling istimewa, saat sang bayi berinteraksi langsung dengan ibunya. Bahkan sentuhan dan pengalaman tersebut susah untuk dihapus dari memori sang bayi, begitu juga hubungan bayi dengan sang bapak. Perhatian, kasih sayang, sentuhan dan belaian sang ibu sangat dirasakan penuh oleh bayi sebelum lahir hingga pasca kelahiran, maka sang bayi sangat merasakan hal itu sehingga demikian itu sangat berpengaruh terhadap sikap, perangai, tingkah laku, kehidupan dan masa depan sang anak.


Image Source :
Bayi – Foto By IVETTE FERRERO at http://www.sxc.hu/profile/iferrero



(Visited 216 times, 1 visits today)