Beberapa Penyakit Berbahaya Pada Bayi

Beberapa Penyakit Berbahaya Pada Bayi

Setiap orang tua pasti mendambakan anak yang sehat, karena kesehatan bayi merupakan prioritas dalam hidup Anda. Seperti setiap orang tua tidak ingin bayi terkena penyakit apalagi menderita penyakit yang sangat berbahaya. Meskipun bayi sangat rentan terhadap penyakit dan dia sangat mudah untuk serangan berbagai penyakit. Jadi untuk membuat satu pencegahan mudah adalah dengan memberikan imunisasi dan faksin ke bayi sehingga bayi kebal terhadap penyakit yang sering menyerang tubuh.

Berikut ini adalah beberapa penyakit yang berbahaya pada bayi, diantaranya:

Difteri

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri ini termasuk berbahaya dan dapat mengancam jiwa anak dalam cepat. Tanda dan gejala hanya diawali demam dan sakit tenggorokan serta timbulnya bercak putih di tenggorokan. Bila tidak diobati dengan cepat, maka hal ini dapat segera mengancam jiwa karena dapat membuntukan saluran pernapasan, jantung, sehingga dapat dengan cepat mengancam jiwa karena komplikasi tersebut.

Penyakit tipus

Tifoid adalah suatu kondisi serius karena jika tidak diobati dengan benar dan pada waktu yang tepat, dapat menyebabkan berbagai komplikasi. Bakteri ini terutama ditularkan ke manusia dari makanan yang terkontaminasi dan air. Demam adalah gejala yang paling umum penyakit ini dan dapat diobati dengan antibiotik. Vaksinasi juga tersedia hari ini dan harus dilakukan setiap tiga tahun.

Sesak napas.

Bayi yang mengalami sesak napas akan mengalami kesulitan saat menarik napas, atau napas bayi berbunyi disertai batuk. Waspada jika wajah bayi menjadi kebiruan akibat kekurangan oksigen.

Penyakit tetanus

Tetanus adalah penyakit yang fatal lagi menyebabkan oleh bakteri yang mempengaruhi sistem saraf dalam tubuh manusia. Hal ini terutama dikontrak melalui luka yang datang dalam kontak dengan tanah atau kotoran yang mengandung kotoran hewan. Gejala utama terkunci rahang. Untuk mencegah tetanus, luka apapun harus segera dibersihkan dengan lotion antiseptik dan yang terbaik adalah untuk mendapatkan suntikan antitetanus untuk berada di sisi yang aman.

Kuning (jaundice).

Penyakit kuning ini biasanya membuat kulit dan mata bayi berwarna kuning. Sampai batas-batas tertentu, penyakit ini tidak berbahaya, tapi ibu perlu waspada jika kuning pada bayi tidak kunjung hilang.

Penyakit polio

Polio merupakan penyakit yang dapat dicegah pada anak-anak dengan memberikan vaksinasi pada saat yang tepat. Ini adalah virus yang mempengaruhi sistem saraf dan menyebabkan kelumpuhan. Dari waktu teluk lahir sampai usia enam tahun, seorang anak idealnya harus menerima empat dosis vaksin Polio.

Penyakit-penyakit tersebut di atas memang biasa dan mungkin terjadi pada bayi Anda sejak lahir hingga usia-usia tertentu. Tidak perlu panik, tapi jika kondisi semakin parah dan Anda harus waspada, sebaiknya segera bawa ke dokter.


(Visited 50 times, 1 visits today)