Belekan Pada Mata Bayi

Belekan Pada Mata Bayi

Para orang tua baru biasanya merasa panik bila bayinya terjadi suatu masalah walaupun masalah yang terjadi bukanlah masalah yang terlalu serius, begitu pula ketika anak anda mengalami belekan pada matanya, belekan yang sering terjadi pada anak merupakan suatu penyakit yang menyebabkan mata berair dan banyak mengeluarkan kotoran mata.

Biasanya belekan terjadi karena terjadinya penyumbatan pada saluran air mata bayi, hal inilah yang menghambat aliran air mata bayi ke rongga hidung, sehingga mata bayi pun mengalir secara terus menerus, genangan air mata inilah yang bisa mengundang kuman penyebab terjadinya infeksi.

Para orang tua harusnya jangan merasa panik terlebih dahulu jika bayinya mengalami hal seperti ini, sebaiknya anda memastikan apakah belek pada mata bayi anda normal atau tidak, jika masih normal atau belaknya masih sedikit maka anda tidak perlu khawatir, sedangkan jika jika belek bayi cukup banyak, sehingga menyebabkan matanya menjadi lengket, cobalah mengompres matanya dengan kapas yang dicelupkan ke air hangat.  Biasanya, kotoran yang membuat mata bayi lengket akan lebih mudah dibersihkan. Jangan sekali-sekali menggunakan cairan pembersih mata atau obat mata tetes.

Hal yang perlu dilakukan bila belek pada mata bayi anda menutupi seluruh mata bayi anda, yaitu:

  • Perhatikan apakah belekan yang terjadi normal atau tidak.
  • Segera bawa ke dokter, jika belekan lebih dari tiga hari. Sebelumnya, perhatikan apakah bagian putih matanya merah atau tidak. Sampaikan hal ini ke dokter ketika berkonsultasi.
  • Waspada terjadinya infeksi, yakni jika matanya kemerahan. Dokter biasanya akan memberi obat untuk membantu mengatasi infeksi. Perhatikan cara memberikan obat mata pada bayi, tanyakan dengan jelas cara pakainya.
  • Atasi penyumbatan saluran air mata jika hal ini terjadi dan infeksi telah diatasi.

Segera bawa anak anda ke dokter, jika belekan lebih dari tiga hari. Konsultasikan semua gejala yang muncul adar Dokter. Biasanya, bila infeksi yang terjadi menyebabkan matanya agak kemerahan. Biasanya Dokter akan memberi obat untuk membantu mengatasi infeksi.


(Visited 61 times, 1 visits today)