Biang Keringat

Biang Keringat Pada Bayi


Sebelum kita membahas tentang Biang Keringat Pada Bayi, pertama kenali dulu apa itu biang keringat. Biang keringat (prickly heat)atau biasa dikenal dengan keringet buntet adalah semacam ruam (peradangan) kulit yang  dapat menyebabkan rasa gatal dan panas pada kulit. Umumnya kulit yang terkena akan tampak berwarna merah muda hingga kemerahan. Area yang terkena biang keringat biasanya bagian kulit yang sering berkeringat, seperti bagian leher, ketiak, punggung, lipatan siku dan paha.

Biang keringat pada bayi seringkali terjadi pada musim dengan cuaca yang lumayan panas. Biasanya sang bayi akan tampak rewel karena ketidaknyamanan yang dia rasakan, tidur yang gelisah dan tidak tenang bisa menjadi salah satu ciri jika sang bayi terkena biang keringat, meskipun tidur yang gelisah tidak mutlak selalu menandakan bayi Bunda terkena biang keringat, maka perikasalah dengan seksama.

Penyebab ruam kulit bisa digambarkan seperti ini, pada saat cuaca panas maka tubuh akan mengeluarkan keringat melalui pori-pori / kelenjar keringat, namun karena tersumbat maka keringat tidak bisa keluar sehingga menyebabkan peradangan dan menimbulkan iritasi gatal-gatal. Nah gatal-gatal inilah yang disebut biang keringat dan tampak kemerahan dengan bintik-bintik kecil yang bergerombol.

Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi


Untuk mengatasi dan sekaligus mencegah biang keringat pada bayi Bunda bisa melakukan beberapa hal berikut ini :

1

Jika cuaca ditempat anda cukup panas maka usahakan jangan memakaikan pakaian yang terlalu ketat pada bayi, pilihlah pakaian yang agak longgar.

2

Pilihlah pakaian yang mudah menyerap keringat seperti pakaian bayi berbahan katun.

3

Perhatikan ventilasi udara diruangan bayi anda, usahakan udara dapat masuk dengan baik sehingga suhu tidak menjadi pengap dan panas.

4

Jika bayi anda sudah cukup umur maka memandikan 1 sampai 2 kali sehari mungkin dapat mencegah terjadinya biang keringat. Namun jika belum cukup umur maka seringlah diseka jika tubuhnya mengeluarkan keringat.

5

Jika bayi sudah terlanjur terkena biang keringat maka Bunda bisa memberikannya bedak salicyl untuk mengatasinya, bisa juga ditambah air seperti bedak dingin. Lalu selain membenahi ventilasi udara juga sebagian orang suka ada yang membuka tubuh bayi yang terkena biang keringat supaya terangin anginkan supaya tetap kering, jika harus mesti memakai pakaian maka sering periksa daerah tersebut untuk menjaga agar tetap selalu kering tidak berkeringat.

6

Apabila bintik-bintik sampai mengeluarkan nanah maka segeralah periksakan ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Mencegah memang lebih mudah dari pada mengobati. Jadi jagalah selalu bayi Bunda dengan teliti, bersihkanlah selalu keringat yang menempel menggunakan lap seka. Perhatikan cuaca disekitar tempat Bunda tinggal, jika memang terasa panas maka kenakan pakaian longgar berbahan katun mungkin bisa dijadikan pilihan utama untuk pakaian sang bayi.



(Visited 95 times, 1 visits today)