Bilirubin Adalah – Apa Itu Bilirubin

Apa Itu bilirubin? Bilirubin adalah senyawa berwarna kuning yang merupakan produk katabolisme dari heme yang berasal dari pecahan hemoglobin (heme dan globin ) dari sel darah merah (eritrosit) yang sudah tua atau rusak. Hemeglobin merupakan bagian dari eritrosit (sel darah merah) yang bertugas mengikat oksigen dan membawanya dari paru paru ke organ-organ tubuh lainnya.

Bilirubin adalah senyawa yang lebih dikenal sebagai penyebab dari terjadinya ikterus pada bayi yang baru lahir. Ikterus adalah kondisi dimana warna kulit, mukosa, dan selaput putih mata (sklera) pada bayi menjadi kekuningan. Dimasyarakat, kondisi ini lebih sering disebut sebagai penyakit kuning pada bayi yang baru lahir.

Bilirubin adalah - Apa itu bilirubin
Bilirubin adalah – Apa itu bilirubin

Nah untuk sahabat yang ingin lebih tahu lagi tentang apa itu bilirubin, maka dibawah ini admin hadirkan infonya.

Bilirubin adalah senyawa berwarna kuning yang merupakan produk katabolisme …..

Perlu sahabat ketahui, setiap waktu eritrosit atau sel darah merah yang ada di tubuh kita selalu beregenerasi. Dimana eritrosit yang sudah rusak atau tua akan diproses dan digantikan dengan sel-sel darah merah yang baru, dan terus berlangsung seumur hidup kita.

Eritrosit atau sel darah merah beredar didalam tubuh selama kurang lebih 120 hari hingga akhirnya eritrosit tersebut menjadi tua atau rusak. Nah eritrosit yang telah rusak atau tua ini akan diproses dan akhirnya melepaskan molekul hemoglobinnya.

Molekul-molekul hemoglobin tersebut akan dipecah menjadi 2 komponen utama, yaitu heme dan globin. Globin pada dasarnya adalah protein, dan sebagian akan dipecah menjadi asam amino dan masuk lagi kedalam darah yang kemudian akan digunakan untuk eritropoesis lagi.

Eritropoesis adalah proses pembentukan eritrosit muda yang terjadi di sumsum tulang sampai terbentuk eritrosit matang di dalam darah.

Disisi yang lain, komponen heme yang rusak dipecah lagi menjadi 2, yaitu besi dan bilirubin tak terkonjugasi yang berwarna oranye ke kuning kuningan dan tak larut dalam air. Besi akan masuk kedalam darah lagi dan akan di gunakan untuk eritropoesis lagi. Sedangkan bilirubin tak terkonjugasi tidak didaur ulang dan harus dibuang oleh tubuh karena beracun.

Disini bilirubin tak terkonjugasi akan dibawa oleh albumin menuju hati untuk di proses, dan terjadi reaksi yang bernama konjugasi. Dalam proses konjugasi ini, bilirubin tak terkonjugasi akan dikonversi menjadi bilirubin terkonjugasi dengan tambahan asam glukoronat. Setlah sampai pada tahap ini sekarang bilirubin telah berubah menjadi bilirubin terkonjugasi yang bisa larut dalam air.

Perlu sahabat ketahui, sifat bilirubin tak terkonjugasi dapat larut dalam lemak, sedangkan bilirubin terkonjugasi adalah larut dalam air

Nah karena bilirubin terkonjugasi sekarang dapat larut dalam air maka akhirnya dapat disekresikan oleh hati kedalam empedu. Didalam empedu, bilirubin terkonjugasi bersama garam empedu dan senyawa-senyawa lainnya dibuang kedalam usus kecil melalui saluran empedu.

Setelah melalui usus kecil akhirnya senyawa-senyawa tersebut masuk kedalam ileum atau usus halus sebelum akhirnya masuk kedalam usus besar untuk dibuang bersama fases. Ileum atau usus halus adalah usus yang bertugas menyerap nutrisi dan mengalirkannnya kedalam darah.

Disini bilirubin terkonjugasi kembali akan diproses yang pada akhirnya sebagian besar akan keluar bersama tinja, fases, atau kotoran. Dan Itulah kenapa fases atau kotoran manusia berwarna kecoklatan atau kekuningan, sudah tahukan sebabnya.

Selain itu, sebagian kecil bilirubin lainnya pada akhirnya akan masuk kedalam ginjal dan dibuang melalui air seni. Dan itu juga yang menyebabkan kenapa air seni kita berwarna kekuningan.

Nah itu dia garis besar informasi mengenai bilirubin. Jadi kita semua tahu bahwa bilirubin adalah senyawa berwarna kekuningan yang merupakan produk katabolisme dari heme yang berasal dari pecahan hemoglobin (heme dan globin ) dari sel darah merah (eritrosit) yang sudah tua atau rusak.

Sumber: Bilirubin Metabolism by Armando Hasudungan

(Visited 397 times, 2 visits today)