Box Bayi Yang Aman

Memilih Box Bayi Yang Aman Untuk Bayi 

Banyaknya kasus kematian bayi yang terjadi di dalam box bayi menyebabkan para orang tua menjadi khawatir dan menjadi lebih waspada ketika menidurkan bayinya di dalam box, karena ada beberapa yang disebabkan bayinya terjepit di antara kasur dan pinggiran box bayi, dikarenakan leher bayi terbungkus oleh bagian pakaian kain atau kaki bayi yang tersangkut di antara jeruji boxnya. Oleh karena itu, penting juga Para orang tua mengetahui beberapa hal penting tentang memilih kotak bayi (ranjang bayi) yang aman dan nyaman untuk bayinya.

Box bayi

Box bayi

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih box bayi, yaitu :

  • Kasur

Pastikan kasur yang berada dibox bayi benar-benar padat, ukuran benar-benar sesuai dengan tempat tidur, serta tempatkan sudut kasur dengan benar dan menempel ke setiap sudut tempat tidur. Kebanyakan kecelakaan yang berhubungan dengan box bayi disebabkan oleh bayi yang mati lemas karena terjepit di antara kasur dan pinggiran (pagar) box.

  • Kisi pagar

Berikutnya Anda harus memeriksa apakah kisi (pagar) yang menjadi kotak pada pagar telah aman untuk bayi. Untuk jarak kisi sebaiknya tidak lebih dari 6 cm, sehingga kaki bayi Anda dan tangan tidak bisa terselip di antaranya.

  • Bagian-bagian kecil Lainnya

Periksa juga bagian-bagian kecil pada seluruh kotak bayi. Lihat apakah ada sekrup yang longgar, cat yang mengelupas, dan ada bagian yang rusak yang dapat membahayakan bayi Anda. Periksa  apakah kotak memiliki bagian yang dapat menyebabkan pakaian bayi tersangkut.

Periksa juga kekuatan dan kekokohan box tersebut, terutama jika Anda membeli yang bekas.   Ingat, keselamatan bayi Anda jauh lebih penting daripada uang. Jangan hanya karena ingin  menghemat, Anda mengabaikan keselamatan anak Anda!

  • Rencana Jangka Panjang

Nah jika Anda membeli box bayi sebelum atau setelah bayi Anda lahir, adalah bijaksana jika        Anda memilih kotak yang dapat memenuhi kebutuhan Anda untuk jangka panjang.

Perhatikan tinggi kotak pagar. Jangan terlalu rendah, sehingga nantinya bisa dipanjat oleh bayi anda. Untung juga, jika Anda memilih pagar yang dapat dibuka atau digeser ke bawah, untuk kenyamanan Anda ketika mengakses bayi Anda. Pastikan sistem terbuka-tutup sangat aman untuk keselamatan anak Anda.

Nah itulah beberapa cara memilih box bayi yang aman dan nyaman untuk bayi anda.

Related Posts:

  • No Related Posts
This entry was posted in Perlengkapan Bayi and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.