Cara Melatih Bayi Berjalan

Cara Melatih Bayi Berjalan Dengan Cepat

Sebagai orang tua kita tentu saja harus mengajarkan kepada anak kita mulai dari bagaimana duduk dan kemudian berjalan dan berlari.  Melihat anak kita berlatih berjalan tentu merupakan suatu hal yang lucu dan sangat menyenangkan, karena dengan semakin anak kecil kita bisa berjalan maka semakin cepat juga dia bisa bebas beraktivitas.

Melatih-bayi-berjalan
Melatih-bayi-berjalan

Seperti halnya untuk proses berjalan, seorang bayi membutuhkan waktu 11 hingga 12 bulan untuk proses belajarnya, dan ini tentunya juga harus didukung dengan asupan makan yang baik agar bayi tersebut tetap sehat.

Tetapi perlu diingat ketika bayi sudah bisa berjalan apalagi berlari, kita sebagai orang tua harus waspada karena tentu bayi merupakan masa aktif dan akan berlari kesana kemari.

Adapun beberapa Cara Melatih Bayi agar bisa Berjalan dengan Cepat diantaranya :

  • Jangan terlalu lama meletakkan balita di car seat atau stroller, karena hal itu bisa menghilangkan kesempatan bayi untuk menguatkan serta melatih leher dan otot-otot kakinya untuk bergerak ke sana ke mari.  Hal ini disebabkan alat tersebut tidak membuat otot bayi bergerak.
  • Memegang tangan si anak Anda bisa memegang kedua tangan si anak dan mengajaknya berjalan. Peganglah kedua tangan anak dari punggungnya. Namun, jangan menariknya ke atas atau memegangnya terlalu kencang. Lalu, arahkan salah satu tangannya ke depan secara bergantian secara perlahan hingga si kecil menggeser kakinya sendiri.
  • Menggunakan mainan kesukaan si anak Cara lain untuk membuatnya agar cepat berjalan adalah dengan menggunakan mainan kesukaannya. Letakkan mainan tersebut di sekitarnya dan biarkan si anak meraihnya sendiri dengan cara berjalan. Mainan bisa menarik perhatiannya untuk berjalan.
  • Jangan melarang bayi anda bergerak kesana kemari tetapi yang terpenting tetap mengontrol secara mengawasi dengan ketat kemana bayi bergerak.
  • Berikan motivasi pada si bayi. Dengan cara Panggil namanya agar ia mau mendekat dan sanjung jika ia berhasil mendekati anda.
  • Meletakkan benda besar di dekatnya Salah satu tanda bahwa si anak sudah siap berjalan adalah bisa mengangkat dirinya dari posisi duduk ke posisi berdiri dengan berpegangan kepada sesuatu benda, seperti meja atau kursi. Jika Anda melihat si anak sedang melakukan itu, maka alangkah baiknya untuk segera melatihnya. Namun, pastikan tak ada benda-benda yang bisa membahayakan si kecil, seperti paku, kunci lemari, dan lain sebagainya.
  • Cobalah Temani ketika bayi berjalan. Jika ia sudah pada tahap mau berusaha jalan sendiri, beri kesempatan untuk berjalan dengan salah satu atau kedua tangannya memegang tangan anda. Bersabarlah mendampinginya berlatih jalan.

Itulah beberapa cara cepat melatih anak berjalan. Perlu Anda ingat bahwa untuk tidak memaksa si anak berjalan jika belum waktunya. Memaksakan anak berjalan belum pada waktunya hanya akan membahayakan tubuhnya.


(Visited 68 times, 1 visits today)