Cara Memandikan Bayi

Cara Memandikan Bayi Dengan Benar

Memandikan Bayi merupakan hal yang paling menyenangkan, apalagi bila ini merupakan aktifitas rutin yang dilakukan oleh setiap ibu di pagi dan sore hari, selain bertujuan untuk membersihkan tubuh bayi Anda jugs bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh si kecil dengan adanya usapan seperti memijat tubuh si bayi dengan lembut, memandikan bayi bagi ibu-ibu muda yang baru melahirkan anak pertamanya tentu bukanlah sesuatu yang mudah, khususnya saat memandikan bayi.

Dibawah ini merupakan beberapa tips memandikan bayi yang baru dilahirkan :

  1. Memandikan bayi yang baru dilahirkan dapat di ruangan yang hangat. Usahakan bak mandi bayi ditaruh di tempat yang permukaannya bersih, kering dan aman bagi si kecil.
  2. Pastikan bayi Anda sudah kenyang dan tenang sebelum dimandikan. Pilih waktu mandi yang tepat saat bayi terlihat rileks.
  3. Tes dulu kondisi air yang akan digunakan oleh bayi Anda ketika mandi dengan lengan atau siku Anda. Air mandinya harus hangat dan nyaman untuk bayi.
  4. Jika Anda belum terlalu percaya diri memandikan bayi dengan bak mandi, Anda bisa menaruh bayi di atas permukaan yang datar. Terlebih dulu, taruh dulu handuk di atas permukaan datar tersebut. Jangan pernah meninggalkan bayi untuk alasan apapun selama bayi mandi.
  5. Lepaskan pakaian bayi dan sebaiknya saat memandikan gunakan waslap atau spons mandi yang lembut selama tali pusar bayi belum lepas.
  6. Untuk membersihkan mata bayi, celupkan kapas ke dalam mangkuk air bersih dan hangat. Jangan gunakan sabun. Gunakan kapas baru untuk membersihkan mata bayi yang satunya.
  7. Untuk bagian tubuh lainnya, basuh waslap ke badan bayi dengan pelan dan lembut. Mulai dari wajah, belakang telinga dan lehernya lalu turun ke tubuhnya, tangan dan kakinya.
  8. Jika ingin mengeramasi bayi, gendong bayi di lengan ibu. Gunakan waslap untuk membasahi rambutnya secara lembut dan bilas dengan hati-hati agar busa shampo tidak masuk ke mata bayi. Perlu diingat, bayi tidak perlu keramas setiap hari, cukup 1-2 minggu sekali.
  9. Dengan waslap yang bersih, bersihkan pantat bayi dari depan ke belakang.
  10. Setelah selesai mandi, angkat bayi perlahan-lahan dari bak dan letakkan di atas handuk yang kering dan bersih. Lalu dengan handuk usap seluruh badan bayi sampai benar-benar kering. Usahakan bayi merasa hangat dan kering.

Related Posts:

  • No Related Posts
This entry was posted in Ibu dan Bayi and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.