Cara Memijat Bayi – Hal Yang Sebaiknya Dilakukan & Tidak Boleh Dilakukan

Bagaimana sih cara memijat bayi yang baik dan benar. Hal-hal apa sajakah yang harus diketahui oleh orang tua sebelum melakukan pemijatan pada si kecil. Baik itu hal-hal yang mesti dilakukan ataupun yang tidak boleh dilakukan sebelum melakukan proses pemijatan pada sang bayi.

Pijat bayi atau disebut juga terapi sentuh (stimulus touch) adalah pijatan lembut berirama yang membelai tubuh bayi yang halus. Sapuan menyejukkan tangan seorang ibu dapat merangsang produksi hormon oksitosin yang memberikan rasa nyaman pada sang ibu, juga membuat ikatan hubungan yang semakin kuat antara sang ibu dengan buah hati kesayangannya.

Selain itu, bisa dibilang, sentuhan adalah bahasa komunikasi pertama antara sang bayi dan orang tua khususnya ibu. Penelitian juga mengungkapkan bahwa sentuhan dan pijatan lembut orang tua yang penuh kasih sayang sangat penting dan berdampak sangat besar bagi pertumbuhan, komunikasi, emosi dan pembelajaran bagi si bayi.

Gimana, sekarang Sahabat sudah tahu kan besarnya manfaat dibalik yang namanya pijat bayi itu. Nah sekarang kita masuk ke point utama yaitu cara memijat bayi. Tapi tak hanya itu, dibawahnya sobat juga wajib membaca juga point penting lainnya yaitu hal-hal yang harus dilakukan ataupun yang sebaiknya tidak dilakukan saat akan melakukan pijat bayi.

Cara Memijat Bayi

Berikut ini beberapa langkah cara memijat bayi yang bisa dilakukan pada si kecil. Ingat lakukanlah dengan sangat lembut dan sangat hati-hati.

  • Lakukan pemanasan dengan menyemprotkan sedikit minyak atau krim bayi yang aman untuk kulit bayi di tangan dan menggosok-gosokannya di antara telapak tangan.
  • Dengan perlahan gosokkan ke kulit bayi anda, dimulai dengan kakinya. Ini tempat yang baik untuk memulai karena bayi anda terbiasa dengan kakinya disentuh selama pergantian popok.
  • Pijat Bayi - Mulailah Dari Bagian Kaki
    Pijat Bayi – Mulailah Dari Bagian Kaki

    Lakukan pada seluruh bagian kaki, pijat perlahan dan ringan dengan mengurut (seperti mengurut susu sapi) lakukan dengan sangat lembut dari paha hingga kebawah.

  • Untuk pangkal betis dan paha kita juga bisa dengan memijit dengan mengeleng-gelengkan mengunakan kedua telapak tangan.
  • Untuk bagian dada, perut dan punggung lakukan perlahan, letakan kedua telapak tangan rata di tengah tubuhnya seperti akan mengusap. Usapkan kesamping dengan lembut dan perlahan, seakan meratakan halaman-halaman buku.
  • Dengan tangan masih datar, gunakan jari anda untuk membelai bagian lingkar samping ” yaitu bagian antara dada – perut dengan punggung, tepatnya area yg sejajar dengan tangan”
  • Pijat jari jari tangan dan kaki dan juga telapak kaki dengan lembut sambil dioles sedikit minyak
  • Terus lakukan selama bayi anda terlihat nyaman dan menikmatinya.
  • Sesekali lakukan sambil bernyanyi-nyanyi kecil, mengajaknya bercanda dengan melakukan memasang wajah lucu .

Apa Manfaat Pijat Bayi

Nah setelah kita mengetahui cara memijat bayi yang disarankan, sekarang Sahabat harus mengetahui manfaat lainya dari pijat bayi. Seperti informasi yang admin kutip dari halaman website johnsonsbaby.com, yaitu website resmi dari produsen produk bayi terkenal Johnson & Johnson.

Berikut adalah beberapa manfaat pijat bayi selengkapnya:

  • Memperkuat keterikatannya antara anda dan bayi anda
  • Menenangkan bayi Anda
  • Mengurangi itensitas menangis
  • Tidur bayi anda menjadi lebih baik dan nyenyak
  • Memberikan rasa rileks dan nyaman
  • Membantu pencernaan dan membantu meredakan sakit perut, gas dan sembelit
  • Menambah berat badan harian
  • Membantu dia tidur lebih nyenyak
  • Membantu mengembangkan tonus otot, koordinasi dan kelenturan yang baik
  • Meningkatkan kesadaran tubuh
  • Tingkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Memperbaiki tekstur kulit
  • Bantulah menenangkan dan rilekskan Anda dan bayi Anda
  • Tingkatkan rasa percaya diri Anda dalam menangani bayi Anda

Selain itu di sebuah penelitian menunjukkan bahwa pijat bayi dapat mengurangi jumlah penyakit pada bayi anda sehingga otomatis akan mengurangi kunjungan kita ke dokter atau perawat, namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengkonfirmasi hal ini, meskipun. Ada juga teori bahwa sentuhan dan kulit ke kulit membantu untuk merangsang perkembangan otak bayi anda.

Ketika anda memijat bayi anda, maka secara tidak sadar akan terjadi sebuah interaksi alami dengan bayi anda, interaksi seperti mengobrol dan membuat banyak kontak mata dengan buah hati anda. Inilah salah satu alasan dan manfaat dari pijat bayi mengapa pijat dapat membantu ibu mengurangi depresi pasca melahirkan.

Pijat Bayi - Bisa Menjadi Hal Menyenagkan Bagi Sang Ayah
Pijat Bayi – Bisa Menjadi Hal Menyenangkan Bagi Sang Ayah

Pijat bayi dapat menjadi sesuatu yang sangat menyenangkan untuk para ayah juga. Beberapa ayah mungkin kehilangan banyak waktu untuk bersama bayinya, terutama jika mereka di tempat kerja dan ketika bayi sedang disusui.

Para ayah yang kehilangan waktu bersama bayinya mungin bisa melakukannya ketika bayi akan tidur, memberinya pijatan ketika akan tidur bisa memberikan perasaan nyaman pada sang bayi dan tentunya hubungan antara sang ayah dan sang bayi bisa menjadi lebih dekat.

Yang harus dilakukan / diperhatikan sebelum memijat bayi

Berikut beberapa point yang harus diperhatikan sebelum kita melakukan pijat bayi, diantaranya adalah:

1. Waktu terbaik untuk memijat bayi

Selain kita mengetahui cara memijat bayi yang baik kita juga sebaiknya mengetahui kapan waktu yang terbaik untuk melakukan pijat ini pada sikecil. Apalagi untuk para orang tua yang baru saja mendapatkan buah hati pertamanya, pasti merasa bingung.

Waktu yang baik untuk melakukan pijat bayi lainya adalah ketika dia terjaga, sebelum atau sesudah mandi bisa menjadi pilihan.

Waktu sebelum mandi bisa menjadi salah satu pilihan supaya kita juga bisa sekalian membersihkan bekas-bekas mnyak yang menempel pada tubuh sang bayi.

Atau selepas mandi juga bisa sambil mengoleskan minyak bayi atau bedak bayi. Selainitu juga bisa dilakukan saat hendak tidur. Melakukan pijat bayi pada buah hati kita sebelum tidur akan membantu bayi anda menjadi tenang dan siap untuk tidur.

2. Menyiapkan ruangan yang tidak terkena angin langsung

Pastikan anda memiliki ruangan yang hangat. Kemudian letakkan bayi anda di atas beberapa lembar handuk yang terlipat, atau bisa juga dengan menggunakan matras busa khusus bayi. Anda mungkin harus tetap mengenakannya pakaian jika udaranya terasa agak dingin.

Pijat Bayi - Usaplah Dengan Tangan Terbuka
Pijat Bayi – Usaplah Dengan Tangan Terbuka

Karena ini adalah waktu khusus untuk anda dan bayi anda maka pastikan tidak ada gangguan di dalam ruangan. Jika anda memiliki hewan peliharaan, taruh di ruangan lain, dan jangan lupa mematikan ponsel anda.

Anda juga bisa menyalakan alunan beberapa musik santai sebagai pengiring, namun jangan terlalu kerasa menyalakannya sehingga bayi anda masih dapat mendengar anda berbicara dengannya.

3. Siapkan peralatan yang dibutuhkan untuk memijat bayi

Cara memijat bayi sudah tahu, menyiapkan ruangan sudah, lalu apa lagi? Yaa sudah tentu adalah peralatan untuk kebutuhan memijatnya pastinya.

Beberapa hal yang mungkin harus anda siapkan sebelum melakukan pijat bayi adalah:

  • Minyak bayi untuk memijat
  • Handuk dan beberapa kain untuk mengelap
  • Pakaian untuk berpakaian bayi anda seusai di pijat
  • Popok bayi jika diperlukan

Menggunakan minyak atau krim akan membuat  tangan anda  lebih mudah untuk meluncur di atas kulit bayi anda ketika melakukan proses pijat bayi dan mungkin bisa menjadikan lebih santai untuk bayi anda. Terserah anda apakah anda menggunakan pelembab bayi atau baby oil untuk pijat yang terpenting tidak berbahaya untuk kulit bayi anda.

Apapun minyak atau krim yang anda gunakan, sebaiknya oleskan dulu sedikit di kulit bayi anda, hal ini untuk mencegah dan mengetahui apakah kulit bayi anda iritasi dengan minyak atau krim yang digunakan.

4. Lepas semua accesories tangan Anda sebelum mulai memijat bayi

Jangan lupa untuk melepas semua accesories tangan anda seperti cincin atau jam tangan atau yang lainnya sebelum mulai memijat. Ini sangat-sangat penting supaya kulit sang bayi tidak terluka karena tergores benda-benda tersebut. Mungkin juga memotong kuku Anda jika teralu panjang dan bereksiko menggores kulit sang bayi.

5. Baringkan bayi ditempat yang lembut dan nyaman

jangan lupa pstikan tempat pembaringan sang bayi lembut, nyaman, dan hangat supaya si bayi merasa nyaman dan senang.

6. lakukan kontak mata dan komunikasi

Sambil memijat lakukanlah kontak mata dengan sikecil, atau sesekali sambil diajak berkomunikasi. Atau mungkin Bunda juga bisa dengan bernyanyi-nyani kecil supaya sikecil terlihat senang.

7. Hindarkan bagian sensitif

Selama proses memijat, sebaiknya hindarkan bagian-bagian sensitif seperti mata dari minyak-minyak atau peralatan pijat lainnya supaya tidak teriritasi.

Yang harus dihindarkan saat memijat bayi

Informasi cara memijat bayi sudah, point-point yang harus dilakukan sebelum memijat sudah, nah sekarang Anda juga sebaiknya mengetahui beberapa point penting yang sebaiknya tidak dilakukan sebelum melakukan pijat bayi. Diantaranya adalah:

  • Jangan memijat bayi selepas sang bayi selesai makan
  • Jangan memijat bayi saat sikecil dalam kondisi tidak sehat
  • Jangan memijat bayi saat si kecil sedang rewel atau tidak mau dipijat
  • Usahakan untuk tidak memaksakan posisi tertentu pada saat proses memijat

Nah itu dia beberapa informasi yang mudah-mudahan bermanfaat untuk sahabat semua. Apabila ada informasi lainnya yang dirasa penting untuk ditambahkan di artikel cara memijat bayi ini maka kita akan update. Akhir kata, mudah-mudahan bermanfaat untuk sahabat semua.


(Visited 1,057 times, 1 visits today)