Cara Memperbanyak ASI

Tips Cara Memperbanyak ASI (Air Susu Ibu)


Untuk Bunda yang sedang menyusui, mungkin tips cara memperbanyak ASI ini bisa sangat bermanfaat sekali. Berikut beberapa tips yang bisa Bunda lakukan sendiri dirumah :

  • Cara memperbanyak ASI yang pertama adalah, Sering-seringlah ASI di susukan, dipompa, atau diperah maka akan semakin banyak ASI yang diproduksi oleh payudara. Jadi Bunda jangan merasa takut kalo ASI nya bakalan habis jika sering-sering menyusui si kecil.
  • Jika sempat, Bunda bisa memompa ASI yang tersisa setelah dihisap si kecil guna mengosongkannya, karena ASI akan kembali cepat diproduksi oleh payudara, mungkin hal ini masih sama dengan yang diatas.
  • Aspek Psikologis dari sang ibu juga bisa menetukan produksi ASI, jadi perasaan Bunda haruslah rileks tanpa beban saat menyusui si kecil. Pikiran, perasaan dan sensasi seorang ibu akan sangat mempengaruhi produksi ASI pada bagian ini. Jadi perasaan ibu yang seperti apakah yang dapat meningkatkan produksi ASI ? Jawabannya adalah; Perasaan sang ibu saat sedang melihat mata sikecil;  Perasaan sang ibu saat memikirkan bayinya dengan penuh kasih sayang;  dan Perasaan sang ibu ketika mencium dan mendengar bayinya menangis.
  • Cara memperbanyak ASI selanjutnya adalah, Hindari sebisa mungkin pemberian susu formula, terutama pada 6 bulan pertama. Ingat pada bagian pertama tadi bahwa, semakin sering bayi menghisap ASI maka semakin banyak ASI diproduksi. Sebaliknya semakin jarang dihisap maka ASI akan semakin sedikit diproduksinya.
  • Ibu menyusui mengkonsumsi makanan bergizi seperti sayur, buah, daging, dan susu serta sering sering lah minum air putih.
  • Lakukan perawatan payudara  seperti Massage / pemijatan payudara dan kompres air hangat & air dingin bergantian.
  • Bunda juga sebisa mungkin tidak merokok dan menjauhi asap rokok, jauhi juga alkohol dan mengurangi kopi serta minuman yang mengandung soda karena dapat mengurangi kemampuan usus menyerap kalsium dan zat besi.
  • Berikan susu secara bergantian antara payudara kanan dan kiri, supaya payudara yang tidak digunakan dapat memproduksi ASI.
  • Pada saat memberikan ASI yang disimpan maka, sebaiknya berikan menggunakan sendok, dan jangan menggunakan empengan karena beberapa bayi malah menemukan kesenangan mengempeng, sehingga  jarang menyusu pada ibu.

Itulah beberapa tips tentang cara memperbanyak ASI yang bisa Bunda lakukan, semoga tips ini bermanfaat, dan jika ada teman, saudara, dan kerabat yang memerluka info ini, Bunda dapat men’SHARE link situs ibi untuk mereka. SALAM.


Baca Juga Artikel
ASI dan Manfaatnya
Kandungan ASI
Asi Eksklusif & Manfaatnya
Makanan Pendamping ASI
Tips Cara menyimpan ASI


Bunda, jangan lupa SHARE terus artikel ini jika dirasa bermanfaat, dan supaya manfaatnya tidak berhenti sampai disini saja. Dan semoga buah hati kesayangan bunda semua selalu diberikan kesehatan, AMIN.

Related Posts:

This entry was posted in Ibu dan Bayi, Kesehatan Bayi, Makanan Bayi and tagged , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.