Cara Mengatasi Infeksi Telinga Pada Bayi

Cara Mengatasi Dan Mencegah Infeksi Telinga Pada Bayi 

Tidak ada orang tua yang ingin anaknya sakit bayi. Tapi beberapa bayi lebih rentan terhadap segala macam penyakit karena sistem kekebalan tubuh lemah. Infeksi telinga pada bayi dikenal dengan Otitis panjang, ini adalah infeksi di belakang gendang telinga yaitu telinga bagian tengah.

Penelitian menunjukkan bahwa dua dari setiap tiga bayi memiliki paling sedikit penyakit ditelinga sebelum usia dua tahun. Infeksi telinga disebabkan oleh virus dan bakteri. Gejala ini harus ditangani dengan benar karena dapat berdampak serius pada bayi. Anda dapat meminta bantuan kepada dokter atau penyedia layanan kesehatan untuk memeriksa bayi Anda. Jangan mencoba sendiri untuk memeriksa penyuntikan telinga, penyedia layanan memiliki alat khusus yang disebut sebagai Otoscope di mana mereka dapat mendiagnosa injeksi dengan melihat ke dalam saluran telinga anak.

Cara-mencegah-infeksi-telinga-pada-bayi
Cara-mencegah-infeksi-telinga-pada-bayi

Beberapa infeksi yang sembuh tanpa pengobatan dalam beberapa hari sementara penyakit yang lebih berat lainnya mungkin memerlukan antibiotik. Perawatan untuk sakit telinga akan mencakup obat tetes telinga seperti acetaminophen yang disebut sebagai Tylenol atau ibuprofen.

Cara mengatasi Infeksi Telinga Pada Bayi :

  • Segera bawa bayi ke dokter untuk diberi obat yang tepat.
  • Hindari mengorek-korek bagian dalam telinga bayi karena bisa mendorong kotoran masuk ke dalam, dan memperparah infeksi. Bila ingin membersihkan telinganya, cukup bagian luarnya saja.

Mencegah terjadinya infeksi telinga tengah dengan:

  • Jaga kesehatan bayi agar tidak terkena radang tenggorokan
  • Setiap 6 bulan sekali, periksakan bayi ke dokter THT untuk mengecek kesehatan telinganya, untuk menghindari gangguan pendengaran.

Biasanya infeksi yang terjadi ditelinga tengah bayi berlangsung lebih dari satu minggu. Para orang tua perlu waspada bila keluar cairan dari telinga yang menandakan gendang telinga sudah mengalami kebocoran. Segera bawa bayi Anda ke dokter.


(Visited 190 times, 1 visits today)