Cara Menggendong Bayi

Tips Cara Menggendong Bayi


menggendong bayiApakah Bunda adalah seorang ibu muda? Bingung bagaimana cara menggendong bayi yang benar, maka artikel ini mungkin bisa sangat membantu Bunda. Menggendong bayi untuk yang pertama kalinya mungkin bisa menjadi hal yang cukup membuat seorang ibu muda gugup dan tidak percaya diri. Terkadang perlu beberapa kali mencoba sampai seorang ibu muda berani benar-benar menggendong bayinya.

Saat menggendong bayinya, seorang ibu akan merasakan bahwa kasih sayang antara sang ibu dan bayinya akan terjalin secara perlahan, terlebih ketika mata kecilnya memandang anda dengan tatapan polosnya seakan berkata ” Bunda, ini aku buah hatimu. Rawat dan sayangilah aku sebagaimana Bunda telah mengharapkan kehadiranku “. Terkadang air mata berlinang melihat tatapan dan senyuman kecil manisnya. Hilanglah semua rasa lelah, letih, disaat mengandungnya.

Mari kita kembali ketopik, dibawah ini akan dijelaskan langkah demi langkah cara menggendong bayi. Yang terpenting dari menggendong bayi baru lahir adalah untuk selalu menyanggah atau menopang bagian kepala bayi pada saat menggendong ataupun pada saat akan meletakan bayi. Hal ini disebabkan pada umur 3 atau 4 bulan diawal kelahirannya, leher bayi yang masih terlalu lemah dan belum dapat menahan atau menyanggah berat kepalanya sendiri, maka berhati-hatilah. Berikut langkah-langkah cara menggendong bayi baru lahir untuk pemula:

1

Pertama, yang akan bunda lakukan adalah belajar mengangkat bayi. Caranya Masukan salah satu tangan Bunda kebawah antara kepala dan leher, lalu lebarkan jari-jari Bunda untuk menyanggah bagian kepala bayi.

2

Tangan yang satu lagi masukan ke bawah bokong bayi, kemudian lebarkan untuk menyanggah bagian bokong bayi.

3

Apabila kedua tangan sudah siap dengan tugasnya masing-masing maka angkatlah bayi secara perlahan. Mungkin agak tegang, kagok atau ada perasaan takut diawal-awal, namun lama kelamaan Anda akan terbiasa.

4

Untuk memangkunya, geserkan bagian kepala ke bagian dalam siku tangan Anda yang memegang bokong. Biasanya posisi ini dilakukan pada saat Bunda akan menyusui si bayi dengan cara memangkunya.

5

Anda dapat meletakan atau mendekatkan kepala bayi ke pundak anda, namun tetap ingat untuk selalu menopang bagian kepalanya.

6

Untuk meletakan bayi kembali keatas kasur, maka lakukan dengan posisi seperti anda mengangkat bayi. Yaitu satu tangan menopang kepala bayi dan satu tangan lagi menopang bokong bayi.

Semoga artikel sederhana tentang cara menggendong bayi ini bisa bermanfaat untuk Anda para Ibu muda. Baca juga tips-tips merawat bayi lainnya yang tak kalah menariknya untuk dibaca. Semoga Bermanfaat.


Related Posts:

This entry was posted in Ibu dan Bayi and tagged , , . Bookmark the permalink.