Cara Yang Benar Menidurkan Bayi di Tempat Tidur Bayi

Sepertinya menidurkan bayi ditempat tidur bayi adalah cara yang mudah bukan. Tapi, apakah Anda tahu cara yang benar menidurkan bayi di tempat tidur bayi itu bagaimana ? Jika mudah, kenapa sampai banyak sekali guide, tata cara, atau peringatan khusus tentang cara menidurkan bayi yang benar, serta kenapa juga angka kematian bayi karena kecelakaan di tempat tidur masih tinggi.

Di Amerika saja, sedikitnya 4000 bayi meninggal setiap tahunnya. Bayi-bayi tersebut memang meninggal karena beberapa faktor, tapi yang perlu Anda garis bawahi adalah, penyebab terbesar dari meninggalnya bayi tersebut adalah karena faktor kecelakaan di tempat tidur.

Penjual tempat tidur bayi yang baik pasti tahu cara menggunakan produknya secara aman, dan dengan sukarela akan mengajarkan Anda tips bagaimana cara yang benar menidurkan bayi ditempat tidur bayi secara aman. Atau setidaknya pada paket penjualan tempat tidur bayi tersebut disertai buku panduan / guide cara bagaimana menidurkan bayi.

Lalu bagaimana jika penjualnya sendiri tidak tahu cara penggunaan produknya dengan aman, atau pada paket tempat tidur bayi tersebut tidak disertai buku panduannya. Jika Anda mengalami hal tersebut, janga khawatir, dibawah ini ada beberapa tips cara menidurkan bayi ditempat tidur bayi dengan benar, yang semoga saja bermanfaat untuk Anda para calon orang tua baru.

Berikut Tips Cara Menidurkan Bayi di Tempat Tidur Bayi

Tips cara yang benar menidurkan bayi ditempat tidur bayi
Image credit: www.huggies.co.nz

 

Bagi Anda yang sudah berpengalaman menangani bayi tentu artikel atau info ini tidaklah begitu penting, tapi bagi Anda para orang tua baru atau calon orang tua yang sedang menunggu kelahiran sang buah hati tentu info ini sangatlah berharga. Berikut tips atau cara menidurkan bayi yang benar di tempat tidur bayi:

  • Letakanlah bayi pada posisi bagian kakinya lebih dekat kebagian footboard ranjang, sehingga posisi kepalanya jauh dari kepala ranjang
  • Tidurkanlah secara terlentang, dan jangan menidurkannya dalam posisi miring atau tertelungkup
  • Pastikan kepala dan wajahnya tidak tertutup benda apapun, termasuk selimut bayi
  • Pastikan selah antara kasur dan pinggiran/sisi tempat tidur tidak lebih dari 2 jari
  • Pastikan kasur bersih, datar, tidak miring atau bertingkat, dan sesuai dengan ukuran tempat tidur bayi
  • Jika menggunakan selimut bayi, selipkan ke bagian samping ranjang, dan jangan sampai menutupi muka atau wajah bayi
  • Pastikan tidak ada bantal, selimut, tirai, atau benda apapun di tempat tidur bayi yang bereksiko dan bisa menyebabkan bayi terbekap dan tidak bisa bernapas
  • Alangkah lebih baik apabila posisi tempat tidur bayi lebih dekat dengan posisi sang ibu

Di Amerika sendiri, istilah untuk menyebut kejadian meninggalnya bayi karena faktor kecelakaan ditempat tidur disebut Accidental Suffocation and Strangulation in Bed (ASSB), yaitu kecelakaan tanpa disengaja yang mengakibatkan bayi mati lemas dan tercekik ditempat tidur. Berikut ini beberapa contoh faktor ketidaksengajaan yang mengakibatkan bayi meninggal:

Accidental Suffocation and Strangulation in Bed (ASSB)

1. Suffocation atau Mati Lemas. oleh benda lembut di tempat tidur
Seperti ketika bantal, selimut, atau accesoris lembut lainnya yang secara tidak sengaja ketika bayi bergerak kemudian menutup mulut dan hidung bayi, sehingga bayi tidak bisa bernapas dan meninggal karena lemas.

2. Overlay atau tertimpa
Kejadian ini sering terjadi ketika bayi ditidurkan bersama dengan orang lain, seperti orang tua atau siapapun. Kemudian saat tidur secara tak sadar/tak sengaja menindih bayi dan membuatnya kesulitan bernapas dan meninggal.

3. Wedging atau Terjebak
Ketika bayi terjepit di antara dua benda, seperti kasur dan dinding / bingkai tempat tidur, atau perabot lainnya. Itulah kenapa kita selalu mengingatkan selah antara kasur dan dinding / bingkai tempat tidur tidak boleh lebih dari selebar 2 jari.

4. Strangulation atau Tercekik
Meninggalnya bayi ini karena kepala bayi terjebak atau terperangkap di antara pagar tempat tidur bayi. Iinilah yang menjadi dasar bahwa lebar atau selah antar bar (pagar ranjang bayi) tidak boleh lebih dari 6cm.

Itulah faktor-faktor terbesar penyebab meninggalnya bayi di Amerika, dan juga di banyak negara dibelahan dunia lainnya. Itulah juga kenapa banyak sekali aturan atau tata cara tentang bagaimana caranya menidurkan bayi. Semoga “Tips Cara Yang Benar Menidurkan Bayi di Tempat Tidur Bayi” ini berguna bagi Anda semua.


(Visited 144 times, 1 visits today)