Jenis-Jenis Susu bayi

Jenis-Jenis Susu bayi dan Manfaatnya

Terdapat berbagai jenis-jenis susu selain ASI dan Susu Sapi, tapi semakin berkembangnya teknologi semakin banyak pula cara menciptakan susu formula yang lebih sesuai dengan kebutuhan gizi yang baik untuk bayi anda, Ada berbagai jenis susu dan manfaat dari susu formula tersebut, yaitu :

  1. Formula Prematur, Bayi yang lahir secara prematur atau belum cukup sempurna saat dilahirkan ini membutuhkan kebutuhan gizi yang sangat memadai di dalam kandungan ibunya, sesungguhnya ASI tidak cukup untuk menopang bayi yang lahir secara prematur oleh karena itu diciptakanlah susu formula prematur yang memadai untuk kandungan proteinnya maupun mineralnya untuk mengejar ketertinggalan berat badanya sehingga ia bisa tumbuh secara sehat dan normal.
  2. Formula rendah / tanpa lactose. Ada sebagian bayi yang memiliki kondisi atau mengalami gangguan metabolisme lactose atau gula susu, karena normalnya gula susu dipecah oleh enzim lactase yang di produksi oleh ususnya menjadi glukosa dan galaktosa, namun bagi bayi yang tidak memproduksi lactosa, gula susu yang ada di ususnya tidak akan dipecah menjadi glukosa dan galaktosa, lalu tetap sebagai gula susu di dalam usus. Penyimpangan metabolisme inilah yang menyebabkan gejala mencret, kembung dan mulas pada bayi sehingga pertumbuhan bayi menjadi tidak normal. Kasus ini tergolong langka karna berlangsung seumur hidup, maka bayi yang mengalami kasus gangguan pencernaan harus diberikan formula rencah lactosa (LLM) agar pertumbuhannya optimal.
  3. Formula kedele, Bayi yang mengalami gangguan penyerapan protein maupun gula susunya membutuhkan susu yang terbuat dari kacang kedele (susu kedele), gangguan metabolisme protein sering berbarengan dengan gangguan penyerapan gula susu.
  4. Formula semi elementer. bayi yang mempunyai gangguan mencerna meliputi ketiga-tiga zat gizi utama dalam susu, yaitu protein, gula susu, dan lemak, membutuhkan susu formula khusus yang protein, gula dan lemaknya bisa ditoleransi oleh usus.

Formula yang berjenis formula lengkap boleh langsung diberikan pada bayi yang baru lahir dan pada umumnya tidak ada masalah yang akan ditimbulkan, formula ini umumnya diberikan sampai bayi menginjak usia 6 bulan.


Bunda, jangan lupa SHARE terus artikel ini jika dirasa bermanfaat, dan supaya manfaatnya tidak berhenti sampai disini saja. Dan semoga buah hati kesayangan bunda semua selalu diberikan kesehatan, AMIN.

Related Posts:

  • No Related Posts

This entry was posted in Makanan Bayi and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.