Kandungan ASI Apa Saja ? Ini Dia Infonya Untuk Anda

Kandungan ASI. Mungkin Anda salah satu yang bertanya-tanya, kandungan Asi apa saja sih ? Sehingga membuat Asi ini sangat penting untuk pertumbuhan seorang bayi, khususnya bagi bayi yang baru lahir hingga usianya menginjak 6 bulan. Bahkan karena saking pentingnya, sehingga seorang Ibu disarankan untuk segera menyusui bayinya 30 menit – 1 jam sejak bayinya dilahirkan.

Kandungan ASI
Kandungan ASI Sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang si kecil

Asi Kolostrum adalah air Asi yang pertama keluar saat pertama kali menyusui dan berwarna kuning keemasan. Dan tahukah Anda, kandungan Asi kolostrum ini sangat-sangat penting bagi bayi karena didalamnya terkandung zat imunitas atau zat kekebalan 10-17 kali lebih banyak dari pada asi matang (matur). Zat kekebalan ini sangat bermanfaat untuk melindungi bayi dari berbagai jenis penyakit infeksi. Terutama penyakit diare dan penyakit pernafasan akut.

Nah sekarang kita semua tahu bahwa kandungan ASI yang dihisap oleh bayi tersebut bukanlah kandungan air susu biasa. Didalamnya terkandung banyak sekali zat penting untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi yang tidak bisa disamai oleh jenis susu lainnya.

Nah apabila Bunda memerlukan info yang lebih lengkap lagi mengenai kandungan yang terdapat pada Asi maka untuk lebih jelasnya Bunda bisa menyimaknya dibawah.

MPASI Bayi Usia 0 - 24 Bulan
Makanan Bayi 0 - 6 Bulan Makanan Bayi 6 - 9 Bulan
Makanan Bayi 9 - 12 Bulan Makanan Bayi 1 - 2 Tahun

Kandungan ASI Bisa Menjadi Sumber Nutrisi 

Oh iya, alasan penting kenapa kita tidak disarankan menambahkan makanan atau minuman selain ASI ketika bayi masih berusia 0 hingga 6 bulan adalah karena ditakutkan makanan dan minuman tersebut bereksiko akan membuat bayi menjadi sakit.

Pertama, hal tersebut bisa saja terjadi karena sistem pencernaan bayi belum sepenuhnya sempurna. Kedua, reksiko bakteri atau kuman yang terdapat pada makanan atau minuman tersebut bereksiko dapat menyebabkan bayi menjadi sakit, dikarenakan daya tahan tubuh sang bayi juga belum sepenuhnya sempurna.

Jadi sebagai sumber Nutrisi yang baik bagi bayi, maka sudah barang tentu ASI mengandung zat-zat yang sangat penting dalam menunjang petumbuhan dan perkembangan sang bayi, simak dibawah ini:

  • Lemak, Air asi mengandung setidaknya 3% – 5% lemak, zat ini adalah bisa dikatakan sumber kalori utama pada ASI
  • Karbohidrat, laktose adalah nama karbohidrat utama pada ASI. Laktose mempunyai manfaat lain yaitu mempertinggi absorbsikalsium dan merangsang pertumbuhan laktobasilus bifidus
  • Protein. Kasein dan whey adalah protein yang terdapat pada ASI, namun protein whey jumlahnya jauh lebih banyak dan lebih mudah diserap oleh usus bayi
  • Garam dan Mineral.
  • Berbagai jenis Vitamin. Vitamin K, D, E, A, vitamin B1 dan B2 dan beberapa jenis vitamin lainnya terdapat pada Asi

Kandungan Zat Protektif Pada ASI

Apa itu sebenarnya zat protektif pada ASI? Jadi zat protektif pada ASI adalah zat yang akan memberikan proteksi dan membantu daya tahan bayi dari serangan berbagai macam bakteri dan kuman jahat, sehingga bayi menjadi lebih tahan dari serangan penyakit. Jadi Anda jangan sekali-kali menyepelekan kandungan ASI, apalagi malah mengantinya dengan susu formula.

Bayi sebenarnya mempunyai zat kekebalan tubuh alami (immunoglobulin) yang dia dapat pada saat masih didalam kandungan, namun begitu dia dilahirkan  kekebalannya itu akan berangsur hilang. Pada usia bayi 9 -12 bulan tubuh bayi baru dapat membuat zat kekebalan sendiri yang cukup banyak sehingga mencapai kadar protektif.

Dan berikut ini beberapa zat-zat protektif yang terkandung dalam asi adalah sebagai berikut:

  • Laktobasilus Bifidus, bisa dibilang zat ini adalah kandungan ASI penghambat bakteri E coli. Zat ini berfungsi mengubah laktose menjadi asam laktat dan asam asetat. Kedua zat asam ini yang akan menjadikan saluran pencernaan bayi  menjadi bersifat asam, sehingga mikroorganisme seperti bakteri E coli yang sering menyebabkan diare pada bayi, shigela dan jamur terhambat perkembangannya.
  • Laktoferin, berfungsi sebagai pengikat zat besi dan  penghambat pertumbuhan kuman tertentu, yaitu stafilokokus dan Escheda Coli yang juga memerlukan zat besi untuk pertumbuhannya.
  • Lisozim adalah enzim yang bekerja bersama sistem komplemen dan SIgA untuk memecahkan dinding sel bakteri dari kuman-kuman  enterobacteriaceae.
  • Antibodi, Asi juga mengandung antibodi terhadap beberapa bakteri dan virus terntentu

Sebagai tambahan referensi, kami sertakan juga artikel terkait lainnya untuk Anda:

Baca Juga Artikel

Komposisi Kandungan ASI (Air Susu Ibu)

Lalu dalam air susu eksklusif itu terkandung apa saja sih, bagi Anda yang ingin tahu maka berikut ini adalah Komposisi ASI dan Kolostrum dari setiap 100ml ASI.

No Zat-zatGizi Satuan Kolostrum ASI
1. Energi Kkal 58.0 70
2. Protein G 2.3 0.9
3. Kasein Mg 140.0 187.0
4. Laktosa G 5.3 7.3
5. Lemak G 2.9 4.2
6. Vitamin-A Ug 151.0 75.0
7. Vitamin-B1 Ug 1.9 14.0
8. Vitamin-B2 Ug 30.0 40.0
9. Vitamin-B12 Mg 0.05 0.1
10. Kalsium Mg 39.0 35.0
11. Zat-besi-(Fe) Mg 70.0 100.0
12. Fosfor Mg 14.0 15.0

Semoga info yang kita sampaikan ini bisa semakin membantu Anda yang membutuhkan informasi tentang Asi. Artikel mengenai kandungan asi ini akan kita update jika ada informasi terbaru dikemudian hari. Semoga bermanfaat.


(Visited 17 times, 1 visits today)