Kolam Renang Bayi

Manfaat Kolam Renang Untuk Bayi

Salah satu cara membuat anak anda gembira adalah dengan cara mengajak mereka bermain, salah satunya dengan bermain air bisa membuat bayi gembira. Amati saja saat anak Anda saat dimandikan apakah mereka menyukai bermain dengan air atau tidak. Bahkan sejak di dalam rahim, sang bayi pun sudah akrab dengan air. Dengan demikian Para orang tua bisa membelikan anak-anaknya sebuah kolam renang kecil untuk mereka bermain sehingga anak anda jauh merasa lebih senang.

kolam-renang-bayi

kolam-renang-bayi

Manfaat berenang untuk Anak :

  • Menghilangkan rasa takut pada air

Banyak anak tak mau belajar renang karena takut air. Jika aktivitas renang dikenalkan sejak bayi, hal itu tak akan terjadi dan anak anda menjadi lebih pemberani.

  • Sarana bermain

Bermain tak harus selalu di kamar atau di taman. Kolam renang bisa juga menjadi sarana bermain yang menyenangkan.

  • Menyehatkan badan dan merangsang gerakan motorik

Dengan bermain air, otot-otot bayi menjadi lebih berkembang, persendiannya tumbuh secara optimal, pertumbuhan badannya meningkat, dan tubuh pun jadi lentur. Dengan kata lain, semua komponen tubuhnya akan terlatih melalui renang karena seluruh anggota tubuh mulai dari kaki, tangan, hingga kepala digerakkan walaupun belum dengan teknik yang sempurna. Bayi jadi terlatih dan daya tahan tubuhnya yang lebih terjaga.

  • Mengasah kemandirian, keberanian, dan percaya diri

Berenang mendorong bayi tumbuh menjadi sosok yang mandiri dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Hal ini tercermin saat bayi tak lagi takut menjelajah bersama orang tua di kolam yang besar.

  • Kemampuan sosial

Berenang bersama-sama di kolam akan menumbuhkan rasa kebersamaan dan meningkatkan kemampuannya beradaptasi dan bersosialisasi dengan orang lain.

Selain bermain air, Anda bisa sekaligus mengajarkan mereka bagaimana caranya berenang. Namun saat berada di kolam renang, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar anak Anda terhindar dari peristiwa yang tak diinginkan, seperti:

  • Jangan pernah tinggalkan anak Anda sendirian, baik di sekitar kolam renang atau saat ada di dalam air
  • Ajari mereka bagaimana caranya untuk berenang dengan turut mengikutsertakan instruktur profesional. Biasanya anak-anak mulai diajarkan berenang setelah umur 3 tahun
  • Siapkan perlengkapan keselamatan di dekat kolam renang sebagai pertolongan pertama bila terjadi peristiwa tak diduga
  • Pastikan telepon genggam Anda berada tak jauh dari jangkauan dan siapakan nomer telepon darurat yang harus anda hubungi seandainya suatu hal buruk menimpa sang anak.

Semoga info mengenai kolam renang bayi/anak dan tips menjaga anak saat berenang bisa menjadi tambahan pengetahuan untuk Anda.


Bunda, jangan lupa SHARE terus artikel ini jika dirasa bermanfaat, dan supaya manfaatnya tidak berhenti sampai disini saja. Dan semoga buah hati kesayangan bunda semua selalu diberikan kesehatan, AMIN.

Related Posts:

  • No Related Posts

This entry was posted in Perlengkapan Bayi and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.