Mainan Bayi

Mainan Untuk Bayi Berdasarkan Usia


Berbicara tentang mainan bayi, kehidupan anak-anak tidak terlepas dengan yang namanya mainan, begitu juga batita (balita di bawah umur tiga tahun) juga identik dengan mainan.

Mainan Bayi Usia 3 Bulan

Mainan Bayi 3 Bulan

Namun para orang tua perlu memperhatikan mainan yang akan dimainkan bayi kita, agar buah hati kita tidak terluka saat memainkannya.
Saking banyaknya mainan di toko acapkali membuat anda menjadi bingung ketika harus memilih mainan yang sesuai dengan usia buah hati anda. Memilih mainan untuk bayi adalah salah satu hal yang membutuhkan pertimbangan yang matang, salah-salah mainan tersebut justru bisa membahayakan bayi anda. Pada bayi usia dibawah satu tahun mainan yang dibutuhkan adalah yang bisa membuat anak anda belajar tentang dunianya melalui berbagai pengalaman sensorik.

Dibawah ini beberapa tips dalam memilih mainan bayi berdasarkan usianya :

1. Mainan Bayi 3 Bulan


Bayi baru lahir biasanya masih belum terlalu banyak bergerak dan beraktifitas kecuali tidur. Untuk bayi mungil Anda, mainan dengan warna-warni yang menarik yang biasa digantung di box bayi mungkin pilihan yang tepat. Mainan tersebut biasanya akan bergerak-gerak, hal tersebut akan menarik perhatian si kecil.
Selain itu, para orang tua juga bisa menaruh mainan bayi yang memiliki bunyi-bunyian seperti kotak musik yang lembut, lonceng, giring-giring, ataupun mainan-mainan yang bisa berbunyi ketika buah hati Anda menekannya.

2. Mainan Bayi 4 bulan sampai 5 Bulan


Untuk bayi pada usia ini, biasanya mereka sudah mulai banyak bergerak dan mulai ingin tahu berbagai macam benda yang ada disekelilingnya dengan cara menggigit-gigit. Anda bisa memberikan mainan untuk bayi yang terbuat dari plastik atau karet yang bisa mereka gigit. Pastikan mainan tersebut aman dari zat-zat beracun saat bayi Anda menggigit atau mengunyahnya.
Selain mainan tersebut, pada usia ini Anda juga bisa memberikan mainan seperti mainan empuk yang berisi dakron atau kapuk, bola, lonceng, gelang dan lainnya. Pastikan mainan yang Anda berikan aman dan tidak akan melukai si kecil.

3. Mainan Bayi 6 Bulan sampai 9 Bulan


Mainan Bayi Usia 6 Bulan - 9 Bulan

Mainan Bayi 6 Bulan - 9 Bulan

Memasuki usia ini, bayi Anda akan semakin aktif untuk mengetahui segala hal dan benda-benda yang ada di sekelilingnya. Pastikan benda-benda ataupun ruangan tempat bayi Anda berada, aman dari segala sesuatu yang dapat membahayakannya.
Di usia ini, Anda dapat memilih mainan bayi seperti balok-balok kecil atau bola-bola dengan warna-warna yang mencolok. Anda juga dapat memberikan mainan yang bisa menggelinding atau mainan yang beroda sehingga bayi Anda bisa mengejarnya.

4. Mainan Bayi 9 Bulan sampai 12 Bulan


Mainan Bayi Usia 9 Bulan - 12 Bulan

Mainan Bayi 9 Bulan - 12 Bulan

Pada usia ini, biasanya bayi Anda akan mulai belajar berjalan. Mereka biasanya akan belajar berdiri atau berjalan dengan memegang benda-benda yang ada disekelilingnya. Di usia ini pun, biasanya bayi akan mulai menyukai permainan yang interaktif.
Memilih mainan bayi bisa dikatakan gampang-gampang susah. Saat ini, di pasaran banyak beredar berbagai jenis mainan dengan warna dan bentuk yang menarik. Sebagai orangtua, tentunya kita harus pandai dalam memilih mainan bayi. Jangan sampai bayi Anda terluka ketika memegang mainannya.

Mahal atau murah bukanlah ukuran keamanan sebuah mainan bayi. Hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih mainan bayi adalah jenis dan manfaatnya untuk bayi. Pilihlah mainan yang jenisnya sesuai dengan usia bayi Anda. Perhatikan pula manfaat apa yang bisa diperoleh dari memainkan mainan bayi tersebut.
Banyaknya mainan  bayi atau anak yang beredar di pasaran dengan harga dan bentuk yang bervariasi harus menjadi perhatian para orang tua. Pasalnya, sampai saat ini masih banyak ditemukan bergaman mainan anak yang mengandung zat kimia berbahaya berupa logam berat seperti Merkuri, Timbal, Kadmium dan Kromium.

Beberapa tips untuk orang tua agar dapat memilih mainan yang aman untuk anak-anak mereka :

  • Bacalah label dengan teliti : Kebanyakan orang tua membeli mainan untuk anaknya dengan  tidak membaca label. Berdasarkan temuan YLKI, banyak jenis mainan bayi yang tidak memiliki label bahasa Indonesia. Padahal, dalam peraturan perdagangan telah dijelaskan bahwa produk apa pun harus mencantumkan label dalam bahasa Indonesia, yang minimal berisi tentang bagaimana cara menggunakannya dan untuk usia berapa.
  • Mahal belum tentu aman : Selama ini, banyak sekali orang tua yang beranggapan bahwa harga menentukan kualitas. Hal ini memang benar, namun tidak selamanya mainan bayi yang harganya mahal itu aman. Dari beberapa penelitian dilapangan oleh Badan yang mengurusi masalah ini didapatkan fakta bahwa ada mainan anak yang harganya Rp 30 ribu sampai Rp 300 ribu. Namun ternyata mainan yang yang mahal itupun seringkali masih terdapat bahan kimia dan logam berbahaya.
  • Belilah mainan sesuai usia anak anda: Misalnya, jika anak anda berusia 3 tahun sebaiknya jangan dibelikan mainan bayi yang ukurannya terlalu kecil. Mengapa? Karena yang ditakutkan, anak Anda akan memasukkan mainan tersebut ke dalam mulutnya. Sehingga, jika zat berbahaya tersebut masuk ke dalam tubuhnya dan berakumulasi dengan tubuh si bayi maka ditakutkan akan membahayakan kesehatan anak anda.
  • Periksalah fisik mainan:  Beberapa mainan edukasi untuk anak umumnya terbuat dari kayu sebagai bahan dasarnya, Seperti; sempoa. Sehingga penting untuk melihat dan memeriksa kondisi permukaan mainan, apakah aman atau tidak untuk bayi anda. Karena serpihan mainan berbahan dasar kayu yang tidak mulus bisa menyebabkan masuknya serpihan kayu ke tangan anak-anak atau bahkan ikut termakan.

Semoga informasi yang kami berikan bisa bermanfaat dan membantu anda , selalulah selektif dalam memilih mainan bayi untuk buah hati anda, jangan biarkan anda kalah dengan rengekan si kecil yang menginginkan sesuatu, dimana anda tahu bahwa mainan bayi yang dinginkan si kecil itu bisa berbahaya bagi kesehatannya, Salam.


Related Posts:

This entry was posted in Perlengkapan Bayi and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.