Makanan Bayi 1 – 2 Tahun

Makanan Untuk Bayi Umur 1 – 2 Tahun


HOME – MAKANAN BAYI | Makanan Bayi 1 – 2 Tahun
Makanan Bayi 0 – 6 Bulan | Makanan Bayi 6 – 9 Bulan
Makanan Bayi 9 – 12 Bulan | Makanan Bayi 1 – 2 Tahun

Resep makanan bayi 1 tahun hingga 2 tahun bisa Bunda temukan disini. Karena bayi sangat rentan akan penyakit maka baca juga tips dalam mempersiapkan bahan makanan untuk buah hati kita. Yang tidak kalah penting Bunda juga bisa membaca semua hal menarik tentang dunia bayi di Bayi7.com.

Pada usia 1 – 2 tahun ini pemberian ASI masih harus tetap diberikan, meski frekuensinya akan terus menurun seiring bertambahnya umur. Namun jangan khawatir karena memang ASI sudah tidak mampu lagi mencukupi nutrisi yang dibutuhkan sang bayi, sehingga posisi ASI pun lambat laun akan digeser oleh MP-ASI, karena memang makanan pendamping ASI inilah yang akan mampu mencukupi semua kebutuhan Nutrisi bayi.

Pemberian MP-ASI atau makanan pendamping ASI dapat diberikan 3 kali sehari dengan porsi kira-kira 1/4 makanan orang dewasa /setiap kali makan atau porsi kebiasaan si kecil, karena tiap anak berbeda kemampuan makannya.

Untuk menu makanan bayi umur 1 – 2 tahun ini kita bisa Variasikan makanan yang diberikan dengan menggunakan padanan bahan makanan, seperti nasi bisa diganti dengan tahu, tempe, kacang ijo, telur, atau ikan. Bayam bisa diganti dengan daun kangkung, wortel, tomat. Bubur susu dapat diganti dengan bubur kacang ijo, bubur sumsum, biskuit dll. Perlu di ketahui juga bahwa, berat badan ideal untuk bayi umur 1 tahun adalah 10,4 kg. Jadi berilah nutrisi yang cukup untuk buah hati kita.

Tubuh bayi rentan terhadap penyakit, karena memang daya tahan tubuhnya sedang mulai berkembang, maka setiap kali Anda mempersiapkan bahan makanan untuk bayi maka lakukanlah hal-hal berikut:

  • Cuci semua bahan makanan seperti buah dan sayuran secara menyeluruh.
  • Gunakan peralatan makan dan minum yang steril, yang dicuci dalam air mengalir dan direndam dalam air panas atau dimasukkan ke dalam alat steril selama 5 menit.
  • Pastikan tangan dicuci bersih. Gunakan sendok yang berbeda ketika Anda ingin mencicipinya. Hal ini untuk menghindari transfer virus atau bakteri yang mungkin ada di mulut Anda ke mulut bayi Anda.
  • Cuci perlengkapan makan bayi setelah digunakan. Buang sisa makanan karena enzim yang berasal dari air liur bayi akan mulai “mencerna” makanan itu, mengubahnya menjadi air, sehingga cepat membusuk.

Di samping ini ada beberapa resep untuk bayi umur 1 tahun + yang bisa anda praktekan untuk buah hati Anda. Sebenarnya resep untuk bayi umur 6 hingga 12 bulan yang ada pada halaman sebelumnya masih bisa anda berikan untuk bayi umur 1 tahun +. Semoga resep dan menu makanan bayi 1  tahun hingga 2 tahun yang telah disampaikan bisa menambah wawasan kita semua.


Related Posts:

This entry was posted in Makanan Bayi and tagged , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.