Makanan Bayi 6 – 9 Bulan

Makanan Untuk Bayi 6 – 9 Bulan


HOMEPAGE – MAKANAN BAYI | Makanan Bayi 6 – 9 Bulan
Makanan Bayi 0 – 6 Bulan | Makanan Bayi 6 – 9 Bulan
Makanan Bayi 9 – 12 Bulan | Makanan Bayi 1 – 2 Tahun

Pada artikel tentang makanan bayi 6 – 9 bulan ini, Bunda sudah bisa mulai mengenalkan makanan pendamping ASI (MP-ASI) untuk yang pertama kalinya, namun “INGAT” ASI harus tetap diberikan sebagai makanan utama. Sesuai dengan pedoman internasional yang menganjurkan pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan pertama didasarkan pada bukti ilmiah tentang manfaat ASI bagi daya tahan hidup bayi, pertumbuhan, dan perkembangannya.

Makanan Bayi 6 bulan ASI memberi semua energi dan gizi yang dibutuhkan oleh bayi selama 6 bulan pertama kehidupannya. Pemberian ASI eksklusif juga ternyata dapat mengurangi reksiko kematian bayi karena berbagai penyakit seperti diare dan radang paru-paru.

Pemberian makanan pendamping ASI (MP-ASI) yang  terlalu dini pada saat fase pemberian makanan bayi 6 – 9 Bulan ini sama saja dengan membuka pintu masuknya berbagai jenis kuman penyakit. Hasil riset menunjukkan bahwa bayi yang mendapatkan MP-ASI sebelum berumur 6 bulan lebih banyak terserang diare, sembelit, batuk pilek, dan panas dibandingkan bayi yang mendapatkan ASI eksklusif (Williams, L & Wilkins, 2006).

Setelah 6 bulan bayi memerlukan asupan tambahan pendamping ASI (MP-ASI) , karena ASI hanya menyuplai 60-70%  kebutuhan gizi bayi. Untuk MP-ASI pertama, Bunda bisa memberikan dari golongan beras atau cerealia, karena keduanya berdaya alergi rendah, lalu bertahap kenalkan buah-buahan san sayuran yang dihaluskan. Perlu diketahui juga bahwa, setelah umur 6 bulan sistem pencernaan bayi sudah mulai siap menerima makanan tambahan MP-ASI,karena pada umur 6 bulan ini  enzim pemecah protein seperti asam lambung, pepsin, lipase, amilase baru akan diproduksi sempurna. Saat bayi berusia kurang dari 6 bulan, sel-sel di sekitar usus belum siap menerima kandungan dalam makanan, sehingga makanan yang masuk dapat menyebabkan reaksi imun dan terjadi alergi.

INGAT jangan memberikan buah dan sayuran yang mentah. Pemberian makanan pendamping ASI untuk yang pertama perlu dilakukan secara bertahap. Misalnya, untuk melatih indera pengecapnya. Setelah bayi dapat menerima bubur beras, cereal, buah, dan sayuran maka Bunda bisa mulai memberikan sumber protein (tahu, tempe, daging ayam, hati ayam, dan daging sapi) yang dikukus dan dihaluskan.

Acuan setiap kali makan diberikan sesuai umur (bukan patokan baku) :

  1. 6 bulan : 6 sendok / kali makan
  2. 7 bulan : 7 sendok / kali makan
  3. 8 bulan : 8 sendok / kali makan

Di samping ini Bayi7.com menampilkan beberapa resep makanan bayi untuk umur 6 – 12 bulan, Bunda bisa membuat untuk buah hatinya sebagai makanan pendamping ASI, namun tetap harus memperhatikan kondisi bayi setelah diberikan makanan, apakah buah hati kesayangan menunjukan gejala alergi atau tidak.



Bunda, jangan lupa SHARE terus artikel ini jika dirasa bermanfaat, dan supaya manfaatnya tidak berhenti sampai disini saja. Dan semoga buah hati kesayangan bunda semua selalu diberikan kesehatan, AMIN.

Related Posts:

This entry was posted in Makanan Bayi and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.