Makanan Saat Bayi Sedang Sakit

Makanan Yang Dianjurkan Ketika Bayi Sakit

Para orang tua biasanya khawatir bila buah hatinya sakit, karena mereka enggan untuk makan makanan yang diberikan oleh orang tua mereka, bayi biasanya susah untuk diberikan makan dan selalu memuntahkan makanan mereka hal ini menyebabkan bayi menjadi lemas dan bisa juga bertambah parah keadaannya karena asupan gizi ke tubuh bayi anda berkurang, makanan yang bergizi saat anak sakit memang akan membantu memerangi penyakit yang sedang menyerangnya. Sebaiknya para orang tua mengetahui makanan apa saja yang harus diberikan ketika bayinya atau anaknya sedang sakit dan tidak asal memberikan makanan kepada bayinya, dibawah ini adalah beberapa makanan yang bisa diberikan ketika bayi anda sakit, yaitu :

  • Berikanlah ASI seperti biasa kepada bayi anda, bayi biasanya tetap mau menyusu walaupun sedang sakit walupun hanya sedikit, para ibu harus bersabar untuk terus memberikan ASInya. Dan para ibu harus terus mengkomsumsi makanan yang begizi agar jumlah ASI yang di produksi tetap baik.
  • Anak perlu dibujuk untuk minum karena tubuhnya kehilangan banyak cairan. Mereka perlu minum setiap 1 – 2 jam sekali, selain air putih yang sudah dimasak boleh diselingi dengan teh manis hangat, air kelapa, sirup, kuah sup (kaldu), atau jus buah yang diberi madu karena anak biasanya suka yang manis saat sedang sakit. Ini sangat bagus untuk  sistem metabolisme tubuh bayi anda dalam mengurangi aktivitas dalam mencerna sehingga tubuh lebih fokus menyerap nutrisi dan mempercepat pemulihan.
  • Berikanlah makanan yang banyak mengandung protein, anda bisa memberikan campuran tempe atau polong-polongan seperti (kacang hijau atau kacang tolo) yang dimasak hingga lunak dan dihaluskan.
  • Pilihlah makanan hewani yang mudah dicerna oleh bayi anda seperti telur dan keju alami, lalu memberikan daging ikan merupakan pilihan yangtepat untuk anak anda.
  • Berikanlah makanan ketika masih hangat sehingga anak anda mau memakannya dan lahap dalam memakannya, biasanya anak anda enggan untuk makan apabila makanan tersebut sudah dingin.

Yang berbahaya, bila anak menderita sakit untuk waktu lama dan terus tidak mau makan. Anak bisa mengalami kekurangan gizi dan cadangannya habis. Dalam keadaan seperti ini daya tahan tubuhnya tentu tidak mampu berperang melawan infeksi. Jadi pastikanlah bahwa anak anda benar-benar sembuh dan berat badannya kembali normal.


(Visited 1,682 times, 1 visits today)