Makanan Sehat Untuk Otak Anak

Makanan Sehat Yang Dianjurkan Untuk Anak-Anak

Mempunyai anak yang sehat dan cerdas merupakan dambaan bagi setiap orang tua, oleh sebab itu para orang tua harus memperhatikan dengan baik kebutuhan gizi yang dibutuhkan oleh anak anda setiap harinya. Berikanlah anak anda makanan terbaik, karena diyakini dapat merangsang pertumbuhan sel-sel yang sangat baik untuk otak, memperbaiki fungsi otak anak anda  dan juga dapat meningkatkan daya ingat serta konsentrasi berpikir anak anda.

Berikut adalah makanan sehat yang sangat di anjurkan untuk anak anda untuk perkembangan otaknya, yaitu :

  • Ikan

Ikan adalah bahan makanan yang sangat baik karena mengandung asam lemak omega-3 yang sangat dibutuhkan oleh otak anak-anak sehingga pertumbuhan dan perkembangan otak anak anda akan sangat baik. Di dalam ikan terkandung DHA dan EPA yang sangat dibutuhkan oleh otak anak-anak, adapun jenis ikan yang mengandung DHA dan EPA yaitu salmon, tuna, sardine, makarel, tenggiri, dan ikan kembung.

  • Telur

Telur merupakan makanan yang mengandung protein yang cukup tinggi dan harganya yang relatif murah, bagian kuning dari telur ini mengandung lecithin yaitu sejenis lemak yang berfungsi untuk memudahkan pengankutan dan penggunaan adam lemak dengan mengunakan enzim lesitin-kolestril asiltransferase. Lecithin sendiri berfungsi untuk membantu perkembangan momori atau daya ingat pada anak.

  • Daging Sapi
Makanan-sehat

Makanan-sehat

Daging sapi adalah salah satu sumber makanan yang banyak mengandung zat besi, dengan mengkomsumsi daging sapi anak anda akan tetap berenergi dan berkonsentrasi, karena kandungan mineral seng yang ada di dalam daging sapi membantu anak anda memelihara daya ingatnya.

  • Daging Ayam

Daging ayam merupan sumber protein tinggi yang mengandung semua asam amino yang sangat dibutuhkan oleh tubuh anak-anak.

  • Gandum

Gandum memiliki serat yang dapat membantu pengaturan glukosa pada tubuh, gandum mempunyai kandungan vitamin B yang bermanfaat untuk memelihara kesehatan sistem saraf.

  • Oat atau OatMeal

Oat merupakan sumber makanan yang memiliki nutrisi penting untuk otak, karena oat mempunyai banyak vitamin yang dibutuhka oleh anak-anak seperti vitamin E, Vitamin B, Potassium, dan seng yang membuat tubuh dan fungsi otak berfungsi pada kapasitas penuh.

  • Beras Merah

Beras merah merupakan sumber kabohidrat yang dapat membantu meningkatkan jumlah hormon serotonin dalam otak, yaitu senyawa yang dapat memperbaiki suasana hati dan menenangkan otak, tidak hanya itu makanan ini juga akan memberikan energi yang cukup besar pada tubuh dan dapat menstabilkan kadar gula darah.

  • Kelompok Berry

Kelompok buah ini mempunyai kandingan gizi dan vitamin C, selain itu Berry juga mengandung antioksidan yang tinggi sebagai antosianidin yang dapat melindungi otak dari kerusakan yang disebaban oleh radikal bebas  dan berbagai toksin kangker.

  • Kacang-kacangan

Kacang kaya akan kandungan serat, vitamin B kompleks, zat besi,  dan magnesium, yang bermanfaat untuk fungsi otak, meningkatkan daya ingat, dan juga kesehatan sistem saraf pada anak.

Nah itulah bebarapa bahan makanan yang sangat di anjurkan untuk dikomsumsi untuk anak-anak anda supaya anak anda menjadi cerdas dan pintar dan menjadi anak yang sehat.

Related Posts:

This entry was posted in Makanan Bayi and tagged , , , , . Bookmark the permalink.