Makanan Selingan Untuk Balita

Makanan Selingan Untuk Balita

Makanan selingan mempunyai peranan yang sangat penting, terutama bila anak tidak cukup mengkomsumsi makanan utamanya yaitu menu makan pagi, siang dan malam. Tetapi banyak para orang tua cenderung memberi makanan selingan secara berlebihan karena disukai olehi anak, sehingga mengakibatkan nafsu makan pada jam makan menjadi menurun.

Para orang tua harusnya dapat memilih makanan selingan yang bergizi untuk anaknya yaitu yang mengandung sumber tenaga, sumber zat pembangun dan zat pengatur.

Para orang tua harusnya memberikan makanan selingan hanya pada waktu antara makan pagi dan makan siang sekitar jam 9.00 – 10.00, atau dapat memberikan makanan selingan antara makan siang dan makan malam sekitar jam 15.00 – 16.00.

Makanan-selingan-balita
Makanan-selingan-balita

Fungsi makanan selingan bagi Balita adalah:

  • Memperkenalkan aneka jenis bahan makanan yang terdapat dalam makanan selingan.
  • Melengkapi pemasukan zat-zat gizi yang mungkin kurang pada makan pagi, siang dan malam.
  • mengisi kekurangan kalori pada anak sehingga aktivitas anak pada usia balita tetap aktif.
  • Dapat berfungsi untuk mengatasi anak rewel.

Makanan selingan yang tersiri dari sumber kalori seperti gula, tepung. tetapi jangan terlalu sering memberikan anak anda makanan selingan seperti permen, sirup, es, manisan dan sebagainya, karena itu merupakan jenis makanan selingan yang tidak baik untuk anak m karena :

  • Akan mengganggu nafsu makan anak.
  • Dapat merusak gigi anak.
  • Kecenderungan memakan makanan yang manis dan terbawa sampai dewasa, yang akan berpengaruh pada kesehatan tubuhnya.

Pembarian bahan makanan selingan yang beragam pada balita adalah supaya ia bisa tumbuh dengan sehat dan pertumbuhan yang cepat pada usia balita membutuhkan penambahan zat pembangun dan pengatur untuk tubuhnya. Semakin banyaknya aktifitas semakin banyak pula sumber tenaga yang dibutuhkan oleh anak anda. jadi para ibu harus terus memperhatikan gizi untuk anaknya supaya ia bisa tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas.


(Visited 535 times, 1 visits today)