Manfaat Bermain Untuk Anak

Manfaat Bermain Untuk Anak 

Permainan adalah salah satu ekspresi dari anak-anak yang mencermiankan kepribadaian seorang anak, oleh karna itu anak-anak butuh untuk bermain. Para orang tua biasanya takut apabila anak-anak mereka terlalu banyak bermain, karena mereka khawatir anak-anak mereka tidak mau belajar atau tidak berprestasi di sekolahnya, bahkan ada yang lebih mengkhawatirkan lagi ada sebagian orang tua yang membayangkan anak mereka memiliki masa depan yang suram apabila terlalu banyak bermain. Justru para orang tua sah besar karena memalui bermain anak anda akan belajar banyak hal sesuatu yang baru.

Bagi sebagian anak pentingnya dalam bermain merupakan upaya dari sebuah proses dimana seorang anak dapat belajar, belajar mengenai pengetahuan, kehidupan bahkan kepekaan terhadap orang lain, para orang tua juga harus banyak belajar mengenai permainan anak-anak mereka apa saja yang paling cocok dan apa saja yang tidak cocok untuk anak-anak anda. Para orang tua juga harus mampu dan bijak memberikan kesempatan kepada anaknya untuk dapat bermain permainan yang berkualitas yang bertujuan agar anak-anak dapat terbawa pengaruh positif terhadap perkembangan mereka.

Dengan bermain dapat memberikan kesempatan kepada anak-anak anda untuk mengembangkan kemampuan emosional, fisik, sosial, dan penalaran. melalui berinteraksi  dengan cara bermain membuat anak anda akan merasa lebih percaya diri untuk berinteraksi  dan bertoleransi terhadap kondisi apapun.

Selain mendampingi anak anda saat bermain para orangtua perlu melatih anak untuk belajar sabar, mengendalikan diri, dan tidak mudah putus asa dalam menciptakan sesuatu. dengan bimbingan yang baik akan mengarahkan anak anda untuk mengandalikan dirinya pada kemudian hari dan tidak mudah cepat putus asa dan frustasi menghasapi permasalahan di kemudian hari.

Para orangtua harus memahami teknik dan strategi saat bermain dengan anak, berikanlah permainan yang memberikan unsur-unsur pengetahuan dan pembelajaran yang kearah positif, karena dengan bermain akan memunculkan aspek PIES (Phyical, Intelligence, Emotional, dan Sosial) pada anak-anak anda.


(Visited 12 times, 1 visits today)