Melatih Balita Yang Terlambat Berbicara

Melatih Balita Yang Terlambat (Telat) Berbicara

Kemampuan anak dalam berbiacara mungkin berbeda-beda dan tidak sama antara anak yang satu dengan anak yang lainnya, mungkin para orang tua ada yang merasa khawatir bila anaknya belum bisa berbicara. Keterlambatan bicara pada balita merupakan salah satu masalah umum beberapa orang tua yang mengeluhkan mengenai kondisi yang terjadi pada  anak mereka. Keterlambatan bicara adalah suatu kondisi ketika balita Anda tidak berbicara sama sekali atau hanya bisa mengucapkan beberapa kata.

Melatih Balita Yang Terlambat Berbicara
Melatih Balita Yang Terlambat Berbicara

Perlu di ketahui beberapa anak mulai bicara di usia 9-10 bulan, namun ada juga yang baru memulainya di usia 13-14 bulan. Namun bila anak anda mengalami gangguan atau terlambat bicara, para ibu harus memperhatikan apakah ada tingkah laku lain yang aneh selain gangguan komunikasi, seperti hiperaktif, tidak mau dipeluk, acuh, tak mau menatap mata orang yang di depannya dan lainnya.

Berikut ini beberapa cara meningkatkan kemampuan berbiacara pada Balita, yaitu:

Tingkatkan intensitas percakapan dengannya

Jika anak Anda belum mulai berbicara pada usia 2 tahun bahkan di atas 2 tahun, maka ada kemungkinan bahwa anak Anda tidak tahu cukup mengenai kosa kata untuk mengekspresikan sesuatu yang ia lihat, apa yang ia inginkan dan tentang dirinya sendiri.

Membacakan buku untuknya (Bercerita / Mendongeng)

Membacakan sebuah buku bergambar untuk balita Anda, sambil ia mengamati gambar di buku tersebut, adalah salah satu cara termudah untuk meningkatkan perkembangan bicara anak. PIlihlah buku bergambar yang sederhana, untuk balita Anda yang telat bicara.

Menyanyikan dan memperdengarkan lagu-lagu anak

Menyanyikan lagu-lagu anak, tidak hanya menghibur anak Anda tetapi juga membantu dalam membangun kosakata baru nya. Anda bisa bernyanyi sendiri saat bersamanya, atau memperdengarkan lagu-lagu anak dari video CD, youtube, atau acara televisi balita yang bertema edukatif, seperti film musikal anak-anak.

Kemampuan anak berbicara merupakan keterampilan komunikasi yang harus dilatih secara intensif. Tanpa adanya rangsangan atau minimnya rangsang bicara, tentunya akan menghambat keterampilan bicaranya. Untuk itu, sering-seringlah mengajak bicara dan melatihnya berbicara si kecil meskipun ia belum mengerti, sehingga terangsang untuk menirunya.


(Visited 39 times, 1 visits today)