Memakaikan dan Menggantikan Popok Bayi

Tips Memakaikan dan Menggantikan Popok Bayi

Popok memang identik dengan bayi, karena bayi yang baru lahir bisa buang air kecil 30 menit sekali, para ibu bisa memakaikan popok kain atau diaper kepada bayinya dengan menggantinya setiap 6 jam sekali, para ibu pun tidak boleh malas untuk mengganti popok bayinya apabila manggunakan popok kain kepada bayinya karena dengan mengunakan popok kain akan basah setiap bayi mengompol, maka para ibu harus cepat-cepat menggantinya supaya kulitnya tidak basah.

Cara memakaikan diaper ke bayi, yaitu :

menggantikan-popok

menggantikan-popok

  1. Buka diapernya lalu selipkan dibawah pantat bayi.
  2. Pastikan pita perekat tepat berada di pinggang bayi, lalu tempelkan pita perekatnya, pastikan tidak terlalu ketat dan tidak terlalu longgar, karena bayi anda akan merasa tidak nyaman apabila tidak pas saat di gunakan.
  3. Jika belum pas, pita perekat dapat dibuka ulang dan perbaiki posisinya agar pas dengan tubuh bayi anda.

Cara menggunakan popok kain langsung pakai, yaitu :

  1. Letakan kain popok di bawah badan bayi, lalu bagian talinya ada di belakang.
  2. Tarik ke atas kain popok bagian depan, lalu ikat dengan menggunakan tali yang ada di bagian belakang.
  3. Ingat bila tali pusar bayi anda belum puput, tali popok sebaiknya ada di atas atau dibawah pusar dan jangan mengikatnya terlalu kencang.

Cara mengganti popok bayi, yaitu :

  1. Baringkanlah bayi anda di atas perlak, jangan tinggalkan bayi karena bisa terguling atau terjatuh. jadi siapkan perlengkapan sebelum mengganti popoknya.
  2. Bukalah popok yang kotor.
  3. Angkatlah kedua kakai bayi anda dengan cara menjepit keduapergelangan kakinya dengan menggunakan satu tangan.
  4. lalu bersihkan kotoran yang ada di pantat bayi mengunakan tissu basah khusus untuk bayi , jika anak anda mengompol, dan jika bayi anda buang air besar basuhlah dengan air hangat hingga semua kotoran hilang.
  5. seteleh selesai lalu keringka dengan menggunakan handuk, lalu jika bayi anda mudah alergi bisa memberikan cream setelah itu pakaikanlah popok yang baru.

Nah itulah beberapa tisp mengganti atau memakaikan popok kepada bayi anda semoga tips diatas bisa bermanfaat bagi anda dan bayi anda.


Bunda, jangan lupa SHARE terus artikel ini jika dirasa bermanfaat, dan supaya manfaatnya tidak berhenti sampai disini saja. Dan semoga buah hati kesayangan bunda semua selalu diberikan kesehatan, AMIN.

Related Posts:

  • No Related Posts

This entry was posted in Ibu dan Bayi and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.