Memandikan Bayi

Tips Cara Merawat Bayi – Cara Memandikan Bayi


Memandikan bayi, mungkin itu bukanlah pekerjaan sulit untuk Bunda yang memang sudah memiliki anak lebih dari satu, tapi bagaimana jika yang memandikan bayinya adalah seorang ibu yang baru pertama kali memiliki seorang anak ! Wah itu pasti bisa menjadi sebuah pekerjaan yang menyenangkan atau mungkin malah sebaliknya, menjadi pekerjaan yang sedikit menegangkan, membuat sedikit grogi atau perasaan was-was lainnya. Keadaan tersebut sangatlah lumrah jika yang memandikannya adalah seorang ibu muda, karena sang ibu masih diliputi perasaan kagok, belum terbiasa, dan masih merasa was-was serta takut terjadi sesuatu dengan bayinya.

Hal inilah yang menarik dan menjadi latar belakang dibuatnya artikel tentang Tips Cara Memandikan Bayi, yang mana artikel ini merupakan bagian dari Rangkaian Artikel Tips Cara Merawat Bayi, dan Bunda bisa membaca tips-tips penting lainnya disana. Back to topik, sebelum kita membahas tentang cara memandikan bayi, mari persiapkan dahulu apa-apa saja yang mesti Bunda persiapkan.

1. Perlengkapan Mandi Bayi

Sebelum memulai memandikan bayi hendaknya Bunda mempersiapkan perlengkapan mandi bayi. Untuk selalu diingat bahwa perlengkapan mandi bayi sangat berbeda dengan perlengkapan mandi untuk orang dewasa, seperti sabun dan shampo  bayi, yang mana shampo dan sabun bayi tidak membuat perih mata bayi dan jauh lebih lembut dan cocok untuk kulit bayi.

  • Sabun dan shampoo khusus untuk bayi
  • Lap seka/pembasuh
  • Bola kapas untuk membersihkan mata
  • Handuk, pilih yang lembut
  • Popok bayi dan pakaian bersih
  • Bak mandi bayi atau
  • Alkohol dan kapas (khusus untuk bayi yang tali pusar nya belum lepas)
  • Air hangat
  • Bedak bayi dan Minyak telon (Optional)

2. Tempat Memandikan Bayi

Tentukan dahulu dimana Bunda akan memandikan bayinya, usahakan pada ruangan yang tertutup dan tidak berangin supaya tidak membuat bayi kedinginan.


Setelah semua perlengkapan dan tempat sudah siap maka, kita sudah bisa memulai memandikan bayi. Namun perlu diketahui dan perlu diperhatikan adalah bahwa bayi yang baru lahir sebenarnya tidak perlu dimandikan setiap hari, karena bayi yang baru lahir harus perlu beradaptasi dulu dengan air. Untuk bayi yang tali pusarnya belum kering dan lepas maka bayi sebaiknya tidak dimandikan dengan cara berendam, namun dengan cara dilap atau diseka saja dengan lap atau handuk basah. Supaya tidak membingungkan maka cara memandikan bayi dibagi 2 saja, yaitu sebagai berikut :

1. Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Dengan Lap/Handuk Basah

Cara mandi ini adalah khusus untuk bayi yang tali pusarnya belum kering dan belum lepas. Meskipun tidak ada patokan pasti namun seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa, bayi yang baru lahir tidak perlu dimandikan setiap hari, karena bayi memerlukan adaptasi dahulu dengan air dan terkadang mandi malah bisa membuat bayi merasa kedinginan.

Sebelumnya persiapkan meja rata yang dialasi perlak atau handuk lembut sebagai tempat meletakan bayi, lalu untuk cara memandkan bayinya berikut caranya:

  • Basuhlah tubuh bayi menggunakan air hangat dari arah kepala ke arah kaki menggunakan lap basah yang lembut.
  • Bersihkan kepala bayi terlebih dahulu, gunakan shampo bayi untuk membersihkannya, namun cukup 1 sampai 2 kali saja dalam 1 minggu. Segera keringkan kepala bayi terlebih dahulu menggunakan handuk kering sebelum membasuh bagian tubuh yang lain.
  • Setelah itu Bunda bisa membersihkan mata bayi menggunakan bola kapas steril yang dibasahi, lakukan dengan sangat hati-hati dari arah mata dekat hidung ke arah luar, gunakan kapas steril bersih untuk setiap mata bayi. Setelah itu basuh mukanya menggunakan lap basah, tidak perlu pakai sabun, jangan lupa telinga bagian luar dan bukan bagian dalamnya, lalu keringkan wajah bayi.
  • Lanjut ke arah leher dan dada bayi, Bunda bisa menggunakan sedikit sabun bayi jika bayi memang tidak terlalu kotor dan badannya tidak berkeringat.
  • Selanjutnya bersihkan lengan hingga ketelapak tangan, gunakan sedikit sabun bayi lalu basuh sampai bersih dan tidak ada sabun lagi yang tertinggal, hal ini karena bayi suka memasukan tangannya kedalam mulut.
  • Kemudian bersihkan bagian punggung bayi dengan cara memiringkan atau membalikan tubuh bayi dengan kepala dimiringkan, jangan lupa bagian lipatan leher juga di lap.
  • Setelah itu Bunda bisa membersihkan bagian kaki bayi, lakukan dengan lembut, rentangkan kaki bayi agar Bunda bisa membersihkan bagian belakang lutut, meski kadang-kadang cukup sulit untuk merentangkan kaki bayi.
  • Pada bagian kemaluan bayi, untuk perempuan basuhlah dari arah depan kebagian belakang, dan jangan menggosok bagian kemaluan bayi yang mengeluarkan cairan putih , karena itu adalah normal. Untuk bayi laki-laki  bersihkan setiap lipatan, tapi jangan merentangkan kulit yang ada didepan penis, setelah selesai segera keringkan.
  • Untuk tali pusarnya, buka perbannya dengan sangat hati hati, bersihkan dengan kapas yang telah diberi alkohol, Jika anda ragu datangilah bidan untuk membersihkannya.
  • Setelah itu keringkan semua bagian tubuh bayi, Bunda bisa membalur tubuh bayi dengan sedikit minyak telon agar tubuh bayi tetap hangat, dan berikan bedak bayi secukupnya. Pakaikan popok bayi dan pakain bayi. SELESAI.

2. Cara Memandikan Bayi Dengan cara Berendam

Cara mandi ini bisa digunakan untuk bayi pada umumnya, yang mana tali pusarnya sudah lepas.  Berikut cara memandikannya :

  • Pertama tama siapkan bak mandi bayi dengan air hangat, letakan ditempat yang rata dan tidak terlalu tinggi. Cek suhu air, hal ini untuk menghindari air yang terlalu panas. Hindari dan jangan pernah memasukan air hangat pada saat bayi sudah berada dalam bak mandi bayi, karena hal ini bisa menyebabkan perubahan suhu bayi yang mendadak.
  • Masukan bayi kedalam bak mandi bayi secara perlahan, sambil perhatikan reaksi bayi terhadap airnya, siapa tahu airnya masih terlalu panas untuk bayi. Jika bayi terasa nyaman, bilaslah seluruh tubuh dengan perlahan. INGAT, peganglah bayi dengan kuat dengan cara meletakan bayi ditengah lingkaran tangan anda, hal ini juga untuk menjaga bayi dari terjatuh.
  • Urutannya hampir mirip dengan cara memandikan bayi yang sebelumnya. Dimulai dari kepala, gunakan shampo 1 sampai 2 kali seminggu.
  • Lalu bersihkan mata bayi menggunakan bola kapas steril yang sudah dibasahi, usapkan dari bagian dalam dekat hidung ke bagian luar, setelah itu bersihkan wajah, bagian belakang telinga, serta leher bayi sampai bersih.
  • Untuk bagian punggung Bunda bisa memutar posisi bayi, dengan tetap bayi berada ditengah lingkaran tangan Bunda, gunakan sedikit sabun lalu bilas.
  • Lakukan seperti cara memandikan bayi sebelumnya sampai kaki, setelah selesai keringkan bayi menggunakan handuk bayi yang lembut.
  • Setelah tubuhnya kering, Bunda bisa mengusapkan sedikit saja minyak telon untuk memberi kehangatan pada bayi, lalu beri bedak secukupnya, dan setelah itu baru pakaikan popok dan baju bayi. Sisir rambutnya. SELESAI.

Semoga tips cara memandikan bayi tadi bisa bermanfaat untuk semua. Baca juga tips-tips merawat bayi lainnya dari Bayi7.com, semoga bermanfaat.


Related Posts:

This entry was posted in Ibu dan Bayi, Kesehatan Bayi and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.