Membersihkan Hidung Bayi

Cara Membersihkan Kotoran Hidung Bayi 

Para orang tua pasti merasa takut untuk membersihkan kotoran yang ada di hidung bayi, karena hidung bayi pasti sangat kecil dan susah untuk membersihkannya, tapi para orang tua harus waspada bila ada kotoran atau bayi anda mengeluarkan lendir itu akan menyebabkan bayi anda bisa saja tersumbat dan mengakibatkan sesak napas. Berikut  dalah beberapa cara untuk membersihkan hidung bayi dan membantu bayi agar lebih mudah untuk bernafas :

membersihkan-hidung-bayi

membersihkan-hidung-bayi

  • Menggunakan kapas bertangkai yang dibasahi. Cara ini pun sebenarnya tidak semua ahli sependapat . Kalau orang tua ingin melakukannya, pastikan kotoran sudah tampak di tepi cuping hidung. Jangan coba membersihkan atau mengorek-ngorek kotoran yg berada dalam hidung , karena tindakan itu justru akan mendorong kotoran makin ke dalam. Tapi kalau kotoran sudah terlihat , basahi kapas bertangkai dengan air hangat, angkat kotoran tersebut dengan lembut.
  • Jalah lingkungan tempat tidur bayi anda terbebas dari debu dan bulu halus. bersihkanlah tempat berkumpunya debu agas tidak terhisap oleh bayi anda.
  • Kalau bayi menderita flu berat, dimana hidungnya selalu meler, tak ada cara lain kecuali membawanya ke Dokter. Yang harus dilakukan adalah menyembuhkan penyakitnya dulu, bukan sekedar membersihkan lendir yg keluar dari hidungnya. Biasanya oleh Dokter akan digunakan alat berupa aspirator hidung bayi untuk membersihkan kotoran hidungnya.
  • Saat bayi bangun baringkanlah dia dalam posisi di atas perutnya dengan kepala mengarah ke satu sisi. posisi ini akan membuat lidah dan air liur dalam tenggorokan dapat keluar sehingga udara mudah lewat.

Nah itulah beberapa cara supaya hidung bayi anda tetap bersih dan mencegah resiko terjadinya bayi anda susah bernapas karena hidungnya tersumbat oleh kotoran.

Related Posts:

  • No Related Posts
This entry was posted in Ibu dan Bayi and tagged , , , , . Bookmark the permalink.