Memilih Mainan Yang Tepat Untuk Bayi

Memilih Mainan Tepat Untuk Bayi

Salah satu tantangan orang tua memilih mainan terbaik untuk anak. Mainan akan membantu proses perkembangan dan pertumbuhan bayi. Anda harus tahu dan cerdas dalam memilih mainan untuk bayi sesuai dengan usia kehamilan bayi. Hal paling penting yang harus dipertimbangkan ketika merencanakan untuk membeli mainan untuk bayi Anda dan menjaga keselamatannya. Mainan yang tepat bagi bayi, dari baru lahir sampai usia balita, harus memiliki warna yang hidup dan pola untuk membantu meningkatkan rasa dari pandangan. Warna-warna merah, hitam dan putih, menurut penelitian, lebih menguntungkan bagi bayi karena warna-warna ini membantu bayi fokus pada objek. Carilah mainan bayi yang memiliki bentuk dan ukuran. Bayi Anda akan belajar tentang bentuk melalui mainan pertama mereka, jadi penting bahwa Anda memperkenalkan kepadanya / nya pada usia dini.

Bermain adalah dunia anak yang paling dominan. Bahkan, untuk dapat lebih maksimal dalam menyampaikan pelajaran, pendidikan anak usia dini menerapkan sistem belajar sambil bermain. Hal ini disebabkan oleh kemampuan dari otak anak itu sendiri yang sedang gemar melakukan hal-hal yang menyenangkan seperti bermain.Maka dari itu, metode pembelajaran pun harus disesuaikan dengan kemampuan anak-anak sesuai usianya.

Berikut ini adalah cara memilih mainan yang tepat untuk anak, yaitu:

Mendorong kreativitas Anak

Anda juga harus memilihkan mainan yang bisa meningkatkan imajinasi dan kreativitas anak. Misalnya, pilih mainan yang bersifat mekanis dan menghibur, sehingga bisa mendorong kesempatan anak untuk berpartisipasi.

Memilih kualitas mainan, bukan kuantitas

Jika Anda terlalu banyak membelikan mainan untuk anak Anda, maka akan membuatnya kewalahan dan kebingungan untuk memainkan yang mana. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, Anda harus membeli mainan yang kualitasnya baik agar tetap awet. Untuk apa membelikan mainan yang banyak jika tidak dapat membantu perkembangan otaknya dengan baik.

Sesuai umur

Jika ingin membelikan mainan untuk anak Anda, maka belilah mainan yang sesuai dengan umurnya. Selain itu, Anda juga harus fokus pada perkembangan anak, baik secara fisik maupun emosional. Misalnya, bayi membutuhkan mainan yang dapat membantu menstimulasi tangan atau koordinasi mata. Untuk itu pilihlah mainan yang mudah dipegang untuk usia bayi. Sementara anak yang berusia balita membutuhkan mainan yang bisa mengembangkan kreativitasnya.

Hindari mainan imitasi yang murah

Jika anak memiliki minat dalam hobi, maka hindari untuk membeli mainan imitasi yang murah. Misalnya, anak gemar melukis, ada baiknya untuk membelikan kuas dan cat air yang berkualitas bagus. Tujuannya adalah agar tidak melemahkan bakat anak. Selain itu, dengan membelikan mainan imitasi yang bagus untuk anak, juga bisa membuatnya berkreasi dengan imajinasinya.


(Visited 8 times, 1 visits today)