Mempelajari Karakter Tidur Bayi

Mempelajari Karakter Tidur Bayi

Bayi anda mempunyai periode waktu tidur dan bangun yang berbeda, dengan mempelajari karakter tidur bayi anda, maka anda dapat mengetahui waktu terbaik untuk mengajaknya bermain atau membiarkannya tertidur pulas, oleh karena itu perhatikanlah beberapa hal berikut:

  • Tidur Tenang/nyenyak: Dalam keadaan ini anda tidak akan melihat ada gerakan pada wajah atau mata bayi anda, Bayi terlihat rileks dan tenang, namun mungkin sesekali bibirnya seperti sedang menghisap. Pada saat ini mungkin bukan saat yang tepat untuk mengajaknya berinteraksi atau memberinya makan karena mungkin Bayi anda sedang ngntuk berat.
  • Tidur ringan: Pada keadaan ini mungkin anda akan melihat gerakan-gerakan kecil atau lembut pada tubuh atau wajah bayi anda, kelopak mata mungkin terlihat  seperti bergetar atau beredip-kedip kecil, mulut seperti sedang menghsap atau bahkan senyum kecil yang dilakukan bayi anda. Pada keadaan ini kemungkinan besar bayi anda akan terbangun jika terusik atau mendengar suara suara di sekelilingnya, bayi anda bisa menjadi rewel atau bahkan menangis pada keadaan ini namun bukan berarti si kecil mau atau siap untuk di beri makan/susu, tunggulah beberapa saat apakah dia akan tidur kembali tidak.
  • Mengantuk: Dalam keadaan ini, bayi Anda biasanya melakukan gerakan tubuh yang halus dan mengejutkan ringan. Mata dapat membuka dan menutup seperti tampak mengantuk berat. Sebelum berinteraksi, tunggulah untuk melihat apakah bayi Anda akan tetap tidur atau bangun. Untuk membangunkan bayi Anda yang sedang dalam keadaan mengantuk maka anda bisa memberikan sesuatu kepada bayi Anda untuk dilihatnya  atau didengarnya
  • Bangun Tenang: Setelah tidur yang panjang biasanya bayi akan terbaring dengan tenang namun tidak rewel, matanya terbuka lebar dan jernih. Dia akan fokus terhadap wajah, suara atau benda bergerak, inilah saatnya anda bisa mengajaknya bersama anda, dan nikmatilah saat saat ini.
  • Menangis: Pada periode ini, bayi Anda menangis, meringis, dan memiliki banyak gerakan tubuh. Menangis memberitahu Anda bahwa bayi Anda telah merasa cukup. Anda harus menghentikan apa pun yang Anda lakukan dan beralih ke sesuatu yang dapat membantu menenangkan bayi. Melakukan satu tindakan menenangkan pada satu waktu, seperti menggoyangnya. Terkadang bayi menangis meskipun semua kebutuhannya sudah Anda penuhi. Hal ini biasanya terjadi karena dia terlalu banyak mendapatkan stimulasi. Stimulasi ini bisa bermacam-macam, seperti cahaya, suara dan orang-orang di sekitarnya. Bayi selama ini berada di dalam kandungan selama hampir 10 bulan dan berada dalam lingkungan yang gelap. Begitu lahir, dia tiba-tiba berada di lingkungan yang terang, banyak suara dan dikelilingi banyak orang. Bayi baru lahir butuh waktu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Oleh karena itu mereka bisa saja tiba-tiba menangis karena tidak nyaman. Jika bayi Anda menangis tiba-tiba padahal semua kebutuhanya sudah dipenuhi, coba bawa bayi ke ruangan yang lebih tenang. Matikan televisi atau musik yang bisa membuatnya kesal. Gendong bayi dan usap-usap punggungnya untuk menenangkannya.

(Visited 166 times, 1 visits today)