Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

Keringat merupakan salah satu masalah yang paling mengganggu selain membuat basah baju tubuh kita pun kerap menjadi lengket, apalagi jika keringat tersebut menimbulkan biang keringat dengan bintik-binti merah yang membuat tubuh menjadi gatal. Tidak hanya orang dewasa, bayi pun sering terkena biang keringat yang membuat gatal badan bayi yang masih sangat sensitif.

Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi
Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

Keringat yang terjadi pada bayi kerap menjadi salah satu penyebab munculnya biang keringat, sehingga membuat bayi tidak nyaman dan juga merasakan gatal yang disertai iritasi karena bayi kerap menggaruk-garuk kulit yang terasa gatal.

Berikut ini adalah cara menghilangkan biang keringat pada bayi, yaitu:

  • Membuka atau melapaskan baju bayi agar bayi tidak kepanasan dan mengurangi keringat yang berlebih.
  • Memandikan bayi menggunakan air hangat yang diberi sedikit soda hal ini untuk mengatasi biang keringat pada bayi.
  • Mengeringkan tubuh bayi sebaiknya tidak mengosok terlalu keras hal ini akan membuatnya iritasi.
  • Ketika bayi mengalami biang keringat sebaiknya menghindari penggunaan salep atau krim , karena dapat memperparah biang keringat karena tubuh bayi terlalu lembab.
  • Ketika malam hari gunakanlah pendingin udara agar bayi saat tidur tidak berkeringat, namun pastikan udara tidak terlalu dingin dan terlalu panas.

Potonglah kuku bayi secara teratur agar tidak menggaruk jika biang keringat mulai terasa gatal. Anda juga bisa memakaikan bayi anda sarung tangan kecil agar ia tak menggaruk dirinya sendiri. Hal ini untuk mencegah biang keringat menjadi semakin parah dan mencegah iritasi pada kulit bayi anda.

Para orang tua harusnya tidak usah terlalu panik ketika bayi mengalami biang keringat, karena biang keringat sebenarnya tidak membahayakan, namun anda perlu menghubungi dokter apabila kemunculannya diiringi demam, karena bila bintik-bintik merah yang ada pada badan bayi berisi cairan dan menyebar di seluruh tubuh bayi atau tidak kunjung sembuh dalam 3-5 hari anda harus segera memeriksakan bayi anda ke dokter untuk mengindari hal yang lebih buruk pada bayi.


(Visited 399 times, 3 visits today)