Mengatasi Bintik Merah Pada Kulit Bayi

Mengatasi Bintik Merah Pada Kulit Bayi

Para orang tua biasanya akan merasa panik bila bayinya mengalami bintik-bintik merah pada kulit, biasanya bintik-bintik merah pada kulit bayi disebabkan karena bayi mengalami alergi, keturunan, karna faktor cuaca yang panas, karena gigitan serangga atau pun hal lainnya.

Bintik Merah Pada Kulit Bayi

Bintik Merah Pada Kulit Bayi

Kulit bayi masih sangat rentan, tipis dan juga masih sangat sensitif, oleh sebab itu kita perlu mengetahui penyebab bayi anda mengalami bintik-bintik merah pada kulitnya, Bintik-bintik merah disertai kulit yang tampak kemarahan ini bisa menyebabkan rasa gatal yang tidak tertahankan. Karena bayi belum mampu menyampaikan dengan kata-kata apa yang dirasakannya, maka bayi akan rewel atau bahkan menangis tanpa henti.

Berikut adalah penyebab terjadinya bintik-bintik merah pada kulit bayi, diantaranya:

  • Bintik-bintik merah karena biang keringat atau keringat buntet pada wajah dan tubuh bayi bisa terjadi karena adanya sumbatan pada pori-pori kulit bayi yang disebabkan sistem untuk mengatur suhu tubuhnya belum berkembang secara sempurna. Hal ini mengakibatkan pengeluaran keringat yang tidak lancar pada bayi, terlebih lagi karena Indonesia yang memiliki suhu tropis menyebabkan bayi cepat merasa kegerahan atau kepanasan.
  • Tinja bayi bersifat lebih asam daripada air seni bayi. Bakteri dan amonia pada tinja serta air seni bayi dapat menghasilkan zat yang bisa melukai dan membuat iritasi kulit bayi. Sehingga kulit bayi menjadi merah dan menimbulkan luka.
  • Penyebab lainnya adalah karena virus yang mengidentifikasi kulit pipi bayi dan menimbulkan peradangan sehingga terbentuknya bintik-bintik merah pada kulit bayi.
  • Gigitan atau sengatan serangga misalnya nyamuk, dapat menyuntikkan racun yang tersusun dari protein dan substansi lain yang memicu reaksi alergi kepada bayi. Bintik merah yang disertai bengkak dan rasa gatal adalah gejala yang sering ditemui.

Apabila kondisi kulit bayi Anda semakin parah dan Anda tidak dapat menemukan penyebabnya, berkonsultasilah dengan dokter anak untuk menemukan sumbernya. Untuk mengetahui apakah penyebabnya memang alergi, dokter anak biasanya akan menyarankan tes darah atau merujuk ke spesialis atau dokter ahli. Sehingga bayi anda dapat cepat ditangani dan tidak membahayakan kondisi bayi anda.

Related Posts:

  • No Related Posts
This entry was posted in Kesehatan Bayi and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.