Mengatasi Kulit Kepala Yang Berkerak Pada Bayi

Mengatasi Kulit Kepala Yang Berkerak Pada Bayi

Para orang tua pastinya merasa khawatir bila bayi mereka mengalami masalah kulit yang berkerak pada bagian kepalanya, itu merupakan bentuk infeksi kulit jenis seborrheic yang terjadi pada bayi. Anda akan melihat dan merasakan ruam seperti tanda berminyak dan keras pada kulit kepala bayi terutama pada ubun-ubunnya.

Mengatasi-kerak-pada-kepala-bayi
Mengatasi-kerak-pada-kepala-bayi

Dalam masalah ini kulit kepala akan berkerak , kulit kering di bagian kepala menyerupai ketombe. Hal ini jarang memerlukan perawatan yang khusus cukup mencuci lembut dan menjaga kelembabannya. Cuci ruam dengan shampo ringan cukup satu kali dalam seminggu, jika terlalu sering akan menyebabkan kulit yang kering menjadi keras dan memperburuk keadaan kulit kepala.

Berikut ini adalah cara merawat kulit kepala bayi anda yang berkerak, yaitu:

  • Lakukan pijatan dengan minyak nabati ke area yang berkulit keras untuk menguranginya. Oleskanlah minyak selama lima belas menit agar benar-benar meresap ke dalam kulit kepala.
  • Membuang sisik secara perlahan-lahan dengan menggunakan sikat gigi yang lembut supaya tidak melukai kepala bayi.
  • Hilangkanlah kelebihan minyak dengan shampo bayi yang lembut.

Jika kepala bayi yang berkerak susah untuk dihilangkan sebaiknya anda mencoba shampo dengan sedikit minyak tar dan memberikannya dua kali seminggu sampai kerak benar-benar lepas dengan sendirinya dari kulit kepala bayi anda.

Sebenarnya infeksi kulit dapat dibersihkan menggunakan air hangat,walaupun kadang-kadang krim hidrokortison dapat membantu kulit bayi tetap lembab dan untuk tetap menjaga kesehatan kulit sang bayi para orangtua harus memenuhi kebutuhan air serta memberikan minyak yang menyehatkan kulit bayi.


(Visited 197 times, 1 visits today)