Mengenali Tanda-Tanda Bayi Juling

Mengenali Tanda-Tanda Bayi Juling

Ketika lahir mata bayi kadang terlihat agak juling karena mereka belum bisa melihat secara fokus, mereka baru bisa melihat secara normal ketika usianya menginjak usia 3-4 bulan, Namun para orang tua harus merasa khawatir jika mata pada usia lebih dari 4 bulan mata bayi masih tetap juling, Anda harus segera membawa ke dokter untuk memeriksanya.

Mengenali Tanda-Tanda Bayi Juling
Mengenali Tanda-Tanda Bayi Juling

Mata juling biasanya terjadi semenjak dini, mata juling itu sendiri merupakan suatu gangguan pengelihatan pada mata yang gejalanya akan tampak sejak bayi dan apabila tidak mendapatkan perawatan dokter maka gangguan ini akan terjadi hingga dewasa.

Mata juling pada bayi bisa di sebabkan oleh beberapa faktor seperti faktor bawaan dari orang tuanya, selain itu faktor lainnya adalah terjadinya kerusakan otot pada mata dan syaraf mata atau karena pusat pengelihatan rusak.

Sebenarnya para orangtua bisa mengecek bayinya mengalami juling atau tidak dengan cara menyorotkan cahaya senter ke tengah-tengah di antara kedua bola mata anak. Maka akan terlihat, apakah refleks cahaya dari mata bayi ada di tengah-tengah bola mata atau tidak. Jika betul-betul di tengah, kita bisa tenang, karena matanya memang lurus. Kalau tidak di tengah, maka ada kemungkinan bayi juling.  Terkadang ada juling yang tersembunyi. Sekilas, kedua matanya tampak pararel, tapi ketika anak melamun, baru terlihat juling.

Berikut ini adalah tanda-tanda anak yang mengalami juling, yaitu:

  • Berontak ketika sebelah matanya ditutup berganti-ganti. Biasanya bayi akan berlaku demikian bila matanya tidak bisa melihat jelas.
  • Sering memiringkan kepala atau memicingkan mata bila memperhatikan sesuatu, karena mungkin dengan cara itu benda yang dilihatnya menjadi jelas.
  • Jika menonton televisi, dia cenderung mendekat ke layar.

Mata juling sebaiknya ditangani sedini mungkin, karena apabila dibiarkan akan mengakibatkan mata tidak berkembang dan menggangu pengelihatan nantinya. Pengobatan yang paling baik adalah membawa anak anda ke dokter untuk mendapatkan penangan medis yang benar.


(Visited 332 times, 1 visits today)