Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Dalam masa pertumbuhan dan tumbuh kembang  balitadan meningkatjan daya tahan tubuh balita, diperlukan berbagai macam nutrisi dengan kadar yang sesuai guna menunjang energi untuk aktivitas fisik dan perkembangan otaknya. Untuk itu, ibu harus memerhatikan pola makan yang seimbang pada anak sehingga asupan nutrisinya menjadi tepat dan presisi.

Makanan yang diberikan pun kepada balita harus tepat baik jenis makanannya, jumlahnya hingga kandungan gizinya harus sesuai dengan kebutuhan. Meskipun secara fisik masih bayi namun kebutuhan akan jenis zat gizi, bayi sama dengan orang dewasa, yaitu karbohidrat untuk sumber tenaga (padi-padian, kentang), protein nabati dan hewani untuk pertumbuhan (susu, daging, telur, ikan, kacang-kacangan), vitamin dan mineral untuk menjaga dan memelihara kesehatan.

Selain itu agar bayi tumbu sehat diperlukan vitamin A agar kesehatan matanya terjaga dan menjaga dari serangan inveksi. Vitamin D baik untuk pertumbuhan gigi. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menghindari serangan penyakit, bayi memerlukan beragam vitamin dan mineral esensial. Seperti vitamin C, E, A dan seng. Sedangkan golongan antioksidan penangkal radikal bebas bayi perlu golongan vitamin A,E dan C.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk meningkatkan sistem daya tahan tubuh anak, yaitu:

Memberikan ASI eksklusif

Bayi yang mendapatkan air susu ibu, tidak hanya sekedar mendapatkan asupan makanan saja. ASI mengandung antibodi dalam jumlah beasr yang dapat mendukung sistem kekebalan tubuh anak.

Pastikan anak memiliki jam tidur yang cukup

Bayi di bawah usia 6 bulan membutuhkan waktu tidur sebanyak 20 jam per hari. Sedangkan balita membutuhkan waktu tidur hingga 13 jam per hari. Jam tidur yang cukup akan membuat sistem kekebalan tubuh anak lebih kuat.

Jangan terlalu berlebihan dalam menjaga kebersihan anak

Sistem kekebalan tubuh anak membutuhkan beberapa paparan bakteri dan virus untuk berlatih memeranginya, dimana hal ini merupakan cara kerja antibodi. Jika Anda terlalu berlebihan dalam menjaga kebersihan anak dengan menggunakan produk antibakteri, hal ini dapat membunuh semua bakteri yang penting bagi ketahanan tubuh.

Vaksinasi

Vaksinasi yang diberikan pada anak melalui imunisasi sangat penting untuk melindungi anak dari berbagai penyakit tertentu. Ketika anak mendapatkan vaksinasi, sistem kekebalan tubuhnya menguat dan antibodi siap melindungi tubuh dari virus atau bakteri asing.

Berikan asupan makanan yang sehat

Pastikan menu makanan yang Anda berikan untuk anak mencakup semua nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan si kecil. Makanan seperti paprika, ubi, wortel, blueberi dan jeruk yang kaya akan vitamin C dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Jauhkan anak dari paparan asap rokok

Asap rokok memiliki sekitar 4.000 bahan kimia yang berbeda yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh siapa saja yang menghirupnya. Anak-anak yang terpapar asap rokok lebih rentan terhadap infeksi telinga, batuk, pilek, bronkitis, dan masalah pernapasan lainnya.

Kendati demikian, yang dibutuhkan otak anak tidak hanya glukosa. Selain glukosa sebagai sumber energi bagi otak, diperlukan pula asam lemak esensial seperti DHA dan AA, serta kolin dan zinc yang dipadukan dalam jumlah yang presisi akan memiliki peranan yang sama penting dalam memaksimalkan perkembangan fungsi otak. Sehingga daya tahan tubuh ci kecil bisa terus terjaga.

Related Posts:

  • No Related Posts
This entry was posted in Perkembangan Bayi and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.