Makanan Bayi Umur 0 – 6 Bulan

ASI Eksklusif adalah satu-satunya makanan bayi umur 0 sampai 6 bulan yang paling disarankan, dan tak ada lagi makanan tambahan yang dianjurkan selain asi. Bahkan badan dunia yang menangani kesehatan seperti WHO’pun sangat menyarankan pemberian ASI eksklusif tersebut.

Makanan bayi umur 0 sampai 6 bulan
Makanan bayi umur 0 sampai 6 bulan

Jadi, bagi Anda para ibu muda yang baru memiliki momongan, tak perlu repot mencari-cari makanan bayi apa yang akan diberikan untuk bayinya yang baru lahir. Cukup berikan saja ASI, karena asi sudah cukup memenuhi semua kebutuhan nuitrsi dan gizi dari sang bayi pada usia tersebut.

Nah dibawah ini kita jelaskan juga kenapa asi adalah satu-satunya makanan bayi umur 0 hingga 6 bulan pertama yang paling disarankan untuk diberikan pada bayi yang baru lahir.

ASI Satu-Satunya Makanan Bayi Umur 0 sampai 6 Bulan

Kenapa ASI Eksklusif menjadi satu-satunya menu makanan terbaik untuk bayi yang berusia 0 sampai 6 bulan pertama dari sejak bayi dilahirkan.

Jawabannya adalah, seperti yang sudah dijelaskan diawal, karena ASI mampu mencukupi semua kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh sang bayi hingga umurnya mencapai 6 bulan. Bahkan Andapun tidak perlu lagi memberinya makanan tambahan pendamping ASI (MP-ASI) apapun selain daripada asi. Dan pemberian ASI’pun akan menumbuhkan jalinan kasih sayang antara Ibu dan sang Bayi.

Tapi ingat, ASI pertama yang berwarna kekuningan yang keluar pertama dari puting susu ibu jangan dibuang. Karena ASI kekuningan yang keluar pertama kali tersebut dikenal dengan nama Kolostrum.

Kolostrum adalah air susu yang pertama kali keluar, yang berisi imunitas atau zat kekebalan tubuh yang akan melindungi bayi dari berbagai jenis penyakit disaat kondisi bayi masih sangat lemah.

Berikut ini rangkuman beberapa manfaat pemberian ASI sebagai satu-satunya menu utama makanan bayi umur 0 – 6 bulan pertama:

  1. ASI sebagai sumber nutrsi
  2. ASI meningkatkan daya tahan tubuh bayi
  3. ASI mengurangi reksiko kematian bayi
  4. ASI meningkatkan kecerdasan bayi
  5. ASI menumbuhkan kasih sayang antara ibu dan bayi

Kenapa tidak perlu ada makanan pendamping asi pada bayi usia 0-6 bulan ?

Perlu kita ketahui, pada usia sebelum 6 bulan kemungkinan organ pencernaan bayi belum sepenuhnya sempurna. Setidaknya memerlukan waktu kurang lebih 6 bulan supaya enzim yang dibutuhkan untuk pencernaan terbentuk.

Selain itu, ginjalpun belum cukup mampu untuk bekerja secara optimal dalam menguraikan sisa yang dihasilkan oleh makanan padat. Begitu juga dengan imunitas atau daya tahan tubuhnya. Sehingga dikhawatirkan kuman atau bakteri yang dibawa oleh makanan tambahan bisa dengan mudah masuk kedalam aliran darah dan membahayakan kesehatan sang bayi.

Jadi itulah kenapa asi adalah satu-satunya makanan bayi umur 0 sampai 6 bulan yang paling baik dan paling dianjurkan. Dan harap perhatikan juga, pemberian makanan pendamping asi sebelum usia 6 bulan juga bisa berpotensi menyebabkan bayi tersedak.

Ini terjadi karena kordinasi otot bayi juga belum berkembang secara sempurna, seperti dia belum bisa menahan atau menggerakan kepala dengan sempurna, dan belum juga mempu untuk  menggerakan makanan dari bagian depan hingga kebelakang mulutnya dengan baik sehingga bisa membuatnya tersedak.

Jadi pemberian ASI sebagai satu-satunya menu makanan bayi 0-6 bulan yang terbaik. Hal ini juga sejalan dengan kesepakatan bersama yang tercantum dalam deklarasi  Innoceti tentang perlindungan, promosi dan dukungan pada pemberian ASI antara WHO dan UNICEF pada tahun 1990.

Baca Juga Artikel
Kandungan ASI
Asi Eksklusif & Manfaatnya
Tips Memerah & Cara Menyimpan ASI
Makanan Pendamping ASI
Tips Cara Memperbanyak ASI

Akhir kata, semoga informasi ini bisa memberikan informasi yang berharga untuk para ibu muda yang baru memiliki momongan. Jadi jangan pusing memikirkan makanan untuk sang buah hati, cukup beri dia ASI, karena semua setuju kalau ASI adalah makanan bayi umur 0 hingga 6 bulan yang terbaik.


(Visited 5,985 times, 12 visits today)