Menyikat Gigi Bayi

Tips Menyikat Gigi Bayi Yang Baik dan Benar

Menyikat gigi bayi dan memberikan perhatian penuh untuk perawatan gigi itu lebih penting bagi sang bayi. Menjaga gigi bayi Anda tetap bersih mungkin tidak selalu mudah ketika ia tidak mau membuka mulutnya untuk dibersihkan, mungkin sulit untuk meyakinkan dia untuk membuka mulutnya namun ini penting untuk kesehatan gigi mereka di kemudian hari. Ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan dalam menyikat gigi bayi. Karena gusinya masih sangat sensitif maka Anda harus menyentuh dengan hati-hati dan memperhatikan setiap hal yang Anda lakukan.

Berikut adalah beberapa tips tentang menyikat gigi bayi Anda.

  • Tempatkan anak Anda di antara kedua kaki Anda.
  • Tempatkan kepala anak antara batang tubuh dan lengan Anda sehingga Anda mencegah kepala dari bergerak.
  • Tahan kedua tangan anak bersama-sama di tangan kiri Anda.
  • Ambil sikat gigi basah yang lembut. Pasta gigi tidak diperlukan pada usia ini. Pasta gigi mungkin menyengat mulut anak, menyebabkan tersedak, dan bahkan ditelan, yang bukan ide yang baik.
  • Menggunakan tumit kuas, sikat geser antara bibir dan samping pipi. Putar sikat bulu sehingga bertentangan dengan gigi dan gusi, dan sangat cepat, bolak-balik, dengan lembut menggosok gigi dan gusi. Jika anak Anda menangis, bahkan mungkin lebih mudah, karena mulut sudah terbuka.
Menyikat Gigi Bayi
Menyikat Gigi Bayi

Cara agar gigi bayi Anda selalu sehat dan bersih:

  • Beberapa jenis makanan memang bisa menyebabkan gigi anak anda menjadi rusak, terutama untuk makanan yang manis dan lengket, seperti permen, jelly, buah-buahan kering, dan makanan yang mengandung tepung seperti creckers.
  • Ajari bayi Anda gosok gigi, paling tidak 2 kali sehari dan pilihlah sikat gigi yang khusus dan lembut untuk bayi anda, agar anak anada senang menyikat giginya berikanlah sikat gigi bergambar dan yg mereka sukai.
  • Secara rutin, ajaklah ke dokter gigi, tidak saat gigi anak anada bolong tapi untuk tetep mamalihara kesehatan giginya.


(Visited 79 times, 1 visits today)