Merawat Rambut Bayi

Cara Merawat Rambut Bayi

Ketika bayi baru lahir, biasanya ia tidak memiliki rambut di kepalanya. Ketika ia tumbuh semakin besar, maka rambut akan mulai tumbuh. Rambut pada bayi lebih lembut daripada rambut orang dewasa, dan karenanya memerlukan perawatan yang sangat hati-hati. Hal ini dapat menimbulkan beberapa masalah karena banyak ibu sering tidak mengetahui cara merawat rambut anak-anak mereka. Perawatan rambut sangat bervariasi dengan usia dan jenis rambut.

Berikut adalah beberapa cara dalam merawat rambut Bayi, diantaranya:

Mencuci rambut

Ketika bayi Anda masih kecil, Anda tidak perlu mencuci rambutnya terlalu sering, karena bayi cenderung berada di dalam rumah sebagian besar waktunya sehingga rambutnya tidak benar-benar kotor. Oleh karena itu, Anda tidak perlu mencuci rambutnya lebih dari dua kali seminggu. Jika anak Anda menderita cradle cap, yang merupakan bentuk ketombe pada bayi, Anda dapat meningkatkan frekuensi sampai tiga kali seminggu. Sebelum mencuci rambutnya, Anda bisa oleskan sedikit minyak zaitun ke kulit kepala untuk membuat ketombenya menjadi terkelupas.

Perawatan Rambut Bayi
Perawatan Rambut Bayi

Ketika anak Anda menjadi seorang balita, rambutnya akan tumbuh lagi dan akan perlu mencuci setidaknya tiga kali seminggu. Jika anda memandikan anak Anda di bak, selalu mencuci rambutnya menjelang akhir mandi. Dengan cara ini, busa shampoo tidak tetap di air dan mengiritasi kulit sensitif nya.

Selalu gunakan sampo bayi hanya untuk mencuci rambut anak Anda. Sampo untuk orang dewasa mengandung deterjen dan bahan kimia lain yang dapat mengeringkan kulit kepala bayi sepenuhnya. Hal lain yang penting untuk diingat adalah untuk memastikan tidak ada sampo masuk ke mata anak Anda. Bahkan busa sampo dapat menyengat jika memasuki mata halus bayi Anda.

Menyisir rambut bayi Anda

Rambut anak Anda mungkin akan menjadi kusut dan. Untuk menyisir rambut anak Anda, disarankan untuk menggunakan sisir lebar yang bergigi atau sikat dayung yang lembut. Jika Anda menggunakan sikat kecil atau sisir, bagian bulu bisa tersangkut di rambut anak Anda dan menariknya rambut di kulit kepalanya, menyebabkan bayi anda kesakitan.

Sementara jika menyisir rambut anak Anda, jangan mulainya dari atas. Sebaliknya, mulai di ujung. Tarik perlahan dengan jari-jari Anda, tanpa menarik-narik kulit kepala anak Anda. Jika rambut anak Anda sangat kusut, jangan membasahi terlebih dahulu sebelum menyisir rambutnya. Oleskan sedikit leave-in. Kondisioner akan melembutkan rambut dan memungkinkan Anda untuk menyisir bagian yang kusut tanpa menyakiti anak Anda.

Membawa si kecil untuk potong rambut

Setelah anak Anda berumur satu tahun atau lebih, Anda akan harus mulai memotong rambut bayi Anda. Untuk anak kecil, ini bisa menjadi pengalaman menakutkan. Sebaiknya jadwal potongan rambut untuk anak Anda ketika ia terjaga dan santai. Misalnya, setelah ia selesai tidur siang.

Merawat kebutuhan bayi Anda dengan benar bukan tidak mungkin untuk dicapai. Yang Anda butuhkan adalah untuk bersabar dan tahu apa yang bayi Anda inginkan.


(Visited 40 times, 1 visits today)