Musik Klasik Untuk Bayi

Musik Klasik Untuk Bayi dan Manfaatnya


Musik Klasik Untuk Bayi dapat membantu mendorong otaknya untuk dapat mengembangkan kemampuan spasial mereka (Kemampuan spasial adalah suatu keterampilan dalam mempresentasikan, mentransformasi, membangun dan memanggil kembali informasi tidak dalam bentuk bahasa). Menenangkan bayi tidur dengan musik klasik yang lembut tidak hanya mendorong mimpi manis tapi juga dapat mambantu perkembangan otak. Memperkenalkan musik pada usia muda membantu anak mempelajari dan menghargai musik.

Menurut sebuah penelitian, memperdengarkan musik klasik pada bayi atau menyalakan sebuah musik klasik untuk bayi dengarkan  ternyata manfaatnya lebih dari yang sudah dituliskan diatas, berikut manfaat lainnya:

  1. Pengambilan Keputusan dan Kecakapan Berpikir. Bayi yang mendengarkan musik dirangsang untuk mengembangkan pengambilan keputusan dan keterampilan berpikir. Memperdengarkan musik klasik juga membantu keterampilan-keterampilan seperti mendorong bayi menyanyi, bermain atau bergerak. Seiring dengan bermain musik, orang tua dan wali bisa bernyanyi, bersenandung atau bernyanyi untuk bayi di siang hari untuk terus mengembangkan keterampilannya.
  2. Perkembangan Emotional. Kebanyakan orang tua mengetahui bagaimana sebuah lagu yang menenangkan akan menenangkan bayi yang rewel. Menurut Dr Diane Bales, yang menulis untuk EducationOasis.com, musik memiliki efek yang kuat pada emosi. Anak-anak yang tumbuh dewasa mendengarkan dan secara teratur terkena musik klasik yang kuat mengembangkan musik terkait koneksi dan lebih memahami emosi.
  3. Perkembangan Spasial. Mendorong anak untuk bereksperimen dengan instrumen, mengembangkan lebih lanjut tata ruang untuk melanjutkan kemampuan berpikir sang anak dalam mempresentasikan, mentransformasi, membangun dan memanggil kembali informasi tidak dalam bentuk bahasa
  4. Keterampilan matematika. Melalui studi yang dilakukan oleh Dr Gordon Shaw dari University of California-Irvine, bahwa anak yang mendengarkan Mozart dan kemudian belajar piano seperti dinilai lebih tinggi daripada anak-anak lain dalam hal kemampuan matematikanya. Bahkan ada beberapa sekolah memutar Mozart sebelum tes standar untuk mendapatkan standar nilai yang lebih tinggi.
  5. Pengetahuan musik. Bayi yang mendengar musik mampu melihat perbedaan dalam irama, perubahan pitch, mendengar melodi dan mengenali lagu. Untuk bayi, jeritan dan suara adalah cara yang digunakan untuk mengekspresikan diri bersama dengan bereksperimen dengan mengeluarkan bunyi dan suara. Mendorong mereka untuk menyanyi atau membuat suara bersama dengan musik membantu mengembangkan pengetahuan musik dan pemahaman.

Beberapa contoh judul Musik Klasik Untuk Bayi yang cukup populer dimasyarakat :

  • Vivaldi Flute Concerto – The Four Seasons
  • Massenet – Meditation from Thais
  • Bach – Jesu, Joy of Man’s Desiring
  • Beethoven – Piano Concerto 5 (The Emperor Concerto), 2nd Movement
  • Brahms – Symphony No. 3, 2nd Movement
  • Haydn – Cello Concerto, 2nd Movement
  • Tchaikovsky – Symphony No. 6, 2nd Movement

Related Posts:

This entry was posted in Ibu dan Bayi, Perkembangan Bayi and tagged , , , . Bookmark the permalink.