Neonatus Adalah – Penjelasan Apa Itu Neonatus

Apa itu neonatus atau neonatal? Neonatus adalah bayi baru lahir yang berusia 0 hingga 28 hari, atau berusia dari 0 hingga 4 minggu pertama dari sejak dia dilahirkan (Kementerian Kesehatan RI, 2015). Bayi yang berusia kurang dari satu bulan merupakan golongan umur yang sangat rentan dan memiliki risiko gangguan kesehatan paling tinggi.

Neonatus adalah bayi baru lahir yang berusia 0 hingga 28 hari
Neonatus adalah bayi baru lahir yang berusia 0 hingga 28 hari
Image illustration credit: Title: Newborn baby, Thanks to Oriol Martinez. Source: www.freeimages.com/photo/my-newborn-baby-1495472

Pada usia ini berbagai masalah kesehatan bisa muncul, seperti salah satunya adalah ikterus atau penyakit kuning yang biasa terjadi pada bayi yang baru lahir, sehingga tanpa penanganan yang tepat bisa berakibat fatal bagi sang bayi.

Selain itu pada masa ini juga sedang terjadi perubahan yang sangat besar, yaitu terjadinya pematangan organ di hampir semua sistem tubuh bayi.

Beberapa upaya kesehatan dilakukan untuk mengendalikan risiko pada kelompok ini di antaranya dengan mengupayakan agar persalinan dapat dilakukan oleh tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan serta menjamin tersedianya pelayanan kesehatan sesuai standar pada kunjungan bayi baru lahir.


(Visited 420 times, 5 visits today)