Pengertian Bayi Yang Baru Lahir

Pengertian Bayi Yang Baru Lahir

Peralihan yang berhasil dari janin yang terendam dalam cairan ketuban dan sepenuhnya bergantung pada plasenta (ari-ari) untuk pemenuhan kebutuhan makanan dan oksigennya, menjadi bayi yang bisa menangis keras dan bernafas menghirup udara, merupakan suatu keajaiban.

Bayi Yang Baru Lahir
Bayi Yang Baru Lahir

Seorang bayi datang ke dunia dengan refleks dasar yang kuat, diciptakan untuk melindungi mereka sampai akhirnya mereka mampu membuat gerakan sadar. Beberapa refleks berlangsung selama satu atau dua hari, yang lain selama beberapa bulan. refleks yang memungkinkan mereka untuk tetap bernafas tanpa sadar akan tinggal bersama mereka sepanjang hidup mereka.

Bayi baru lahir adalah bayi dari lahir sampai dengan usia 4 minggu, biasanya lahir pada usia kehamilan 38 minggu sampai 42 minggu. Bayi baru lahir dapat dilahirkan melalui 2 cara, secara normal melalui vagina atau melalui operasi  cesar. Setelah bayi lahir dan tali placenta dipotong segera dari bayi, maka sirkulasi placenta yang berfungsi sebagai penghantar nutrisi kepada bayi terputus, sehingga bayi harus beradaptasi dengan lingkungan yang berbeda.

Bayi baru lahir harus memenuhi sejumlah tugas perkembangan untuk memperoleh dan mempertahankan eksistensi fisik secara terpisah dari ibunya. Perubahan fisikologis dan psikososial yang besar yang terjadi pada saat bayi lahir memungkinkan transisi dari lingkungan intrauterin ke lingkungan ekstrauterin, perubahan ini menjadi dasar pertumbuhan dan perkembangan di kemudian hari.

Bayi baru lahir rentan terhadap penyakit, sehingga orang tua harus dengan cermat menjaga kesehatan bayi, misalnya memberikan nutrisi yang cukup kepada bayi, pemberian ASI EKSKLUSIF, menjaga kebersihan diri pada bayi baru lahir, menjaga kebersihan pakaian pada bayi, menjaga kebersihan lingkungan pada bayi sehingga bayi tidak mudah terserang penyakit yang dapat membahayakan bayi dan jangan lupa membawa bayi untuk imunisasi setiap jadwal yang sudah ditentukan agar tidak terjadi resiko cacat pada bayi.


(Visited 46 times, 1 visits today)