Penyakit Mata Pada Anak

Penyakit Mata Pada Anak

Penyakit mata pada balita atau bayi sering kali dikhawatirkan para orang tua, karena bayi dan anak-anak kecil belum memiliki perbendaharaan kata cukup untuk memberitahu orang tua mereka, jika mereka tidak merasa baik, sehingga orang tua bergantung pada kemampuan mereka untuk mendeteksi perubahan dalam prilaku anak-anak mereka. Penyakit mata, biasanya ditandai dengan mata berair,merah-merah, dan ada kotorannya, dapat disertai gatal-gatal dan rasa silau. Oleh sebab itu para orang tua harus waspada jika mata bayi anda bertambah parah.

Berikut ini beberapa penyakit mata pada bayi, yaitu:

BUFTHALMUS

Penyakit Bufthalmus disebabkan oleh tekanan pada bola mata yang tinggi sejak lahir, menyebabkan ukuran bola mata bayi menjadi besar

 KATARAK MATA

Ternyata penyakit katarak tidak hanya terjadi pada usia tua, seorang bayipun bisa mengidap penyakit katarak. Namun penykit Katarak pada bayi lebih disebabkan karena faktor keturunan. penyebab utama dari sang ibu yang saat mengandung mengidap penyakit infeksi campak jerman, toxoplasmosis, atau kencing manis.

RABUN JAUH ATAU MATA MINUS

Penyakit mata rabun jauh banyak ditemui disekitar kita. penyakit ini disebabkan karena lensa mata kita terlalu cembung sehingga arah cahaya yang masuk tidak tepat pada fokus mata, tetapi berada didepat titik fokus mata. untuk lebih jelasnya bisa dibaca rabun jauh disini

MATA JULING

Mata Juling sebagian besar karena bawaan dari lahir, Mata juling ada yang berat dan ada yang ringan yang disebabkan oleh kelainan syaraf bola mata, sehingga sumbu bola mata tidak normal.

BUTA WARNA

Buta warna adalah salah satu penyakit keturunan. Pasien tidak dapat menangkap warna tertentu sehingga warna benda yang dilihat tidak persis sama dengan warna sesungguhnya. Kebanyakan buta warna terdapat pada laki laki dibanding perempuan. Sudah dilakukan pengetesan di jepang untuk menyembuhkan buta warna dengan cara mengganti sel sel kerucut pada retina, tetapi belum ada kabar tentang keberhasilan dari proyek tersebut. Buta warna

GLAUKOMA

Penyakit mata Glaukoma disebabkan oleh tekanan bola mata yang tinggi, sehingga menimbulkan kerusakan pada saraf mata dan retina. Meningginya tekanan pada bola mata disebabkan adanya aliran cairan di bola mata yang bersifat bawaan. Akibat dari penyakit ini menimbulkan rasa nyrei yang hebat pada bola mata dan kepala. disamping itu mata kelihatan merah.

PTOSIS

Ptosis lebih dikenal dengan nama “mata ngantuk”, Si penderita seperti merasa ngantuk terus. Kelopak mata bagian atas tidak dapat membuka sepenuhnya sehingga kelopak turun sebab otot kelopak mata lemah.

INFEKSI MATA

Infeksi pada mata yang sering kita jumpai adalah penyakit mata merah. penyakit ini bisa disebabkan oleh bibit penyakit, seperti visrus, jamur, kuman,  parasit. atau karena alergi sesuatu, bisa dari luar tubuh seperti zat kimia atau dari dalam seperti penyakit TBC dan Penyakit kelenjar getah bening.

RETINOBLASTOMA

 Penyakit ini juga berbahaya karena adanya tumor ganas di bola mata yang dibawa sejak lahir. Gejalanya mata bisa menjadi juling mendadak, sering merah, gaucoma, dan sering ganti kacamata.

KEKURANGAN VITAMIN A

kekurangan vitamin A adalah hal yang mendasar dari penyakit mata. Akibat yang ditimbulkan rabun senja, mata menjadi kering, kornea mata menjadi rusak. solusi hanya satu yaitu konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A seperti susu, ikan, sayur hijau.

Itulah beberapa penyakit mata pada bayi, jika bayi anda terkena salah satunya sebaiknya segera membawa anak anda ke dokter untuk mendapatkan pengobatan dan mencegah sakit menjadi tambah parah. Semoga informasi diatas biasa bermanfaat untuk anda dan bayi anda.

Related Posts:

  • No Related Posts
This entry was posted in Kesehatan Bayi and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.