Penyebab Anak Menjadi Cengeng

Penyebab Anak Menjadi Cengeng dan Menangis

Para Orangtua pastinya merasa kesal dan memarahi anaknya bila anaknya menangis atau terlebih lagi anak itu menjadi sangat cengeng, memang anak usia balita gampang sekali menangis mengeluarkan air mata, entah karena ditinggal pergi Ibu atau juga permintaan yang tidak dituruti. Pada dasarnya anak menjadi cengeng  karena ia tidak punya cara lain untuk mengungkapkan perasaannya, nah untuk itu para orang tua harus mengetahui penyebab anak menjadi cengeng, yaitu

Butuh perhatian

Pada saat perhatian orang tua untuknya terpecah, anak akan merasa terbuang. Kondisi ini umumnya muncul saat ia baru saja memiliki adik yang menyita perhatian orang tua. Perasaan terbuang membuat anak rewel yang tak jarang disertai tindakan untuk memancing perhatian orang tua.

Sakit

Karena sakit, anak merasakan kondisi tubuhnya tidak nyaman. Makan tak enak, tidur pun tak nyenyak. Kondisi tubuhnya juga lemas dan lemah. Semua itu tak jarang membuat anak jadi cengeng, termasuk anak yang tadinya tidak cengeng. Belum lagi, sikap orang tua yang lebih protektif kepada anak sakit ternyata bisa menambah sikap cengeng itu.

Penyebab Anak Cengeng
Penyebab Anak Cengeng

Frustrasi

Anak sudah mengungkapkan keinginannya, tapi tidak dipenuhi orang tua, maka lazimnya ia akan melampiaskan kekesalan lewat tangisan. Misal, ia menginginkan makanan atau mainan yang dilihatnya di supermarket, tapi tidak dikabulkan, maka sepanjang jalan anak akan menangis terus dan menjadi rewel.

Situasi baru

Situasi maupun kondisi baru kadang membuat anak-anak tidak betah, karena di situ ia belum dapat meluapkan emosinya untuk bermain.

Suasana tidak nyaman

Suasana yang tidak nyaman, seperti hawa panas, udara kotor, ruangan sempit dan suara bising sering membuatnya menjadi cengeng. Salah satunya adalah suasana dalam angkutan umum. Suhu panas disertai suara derungan mobil sering membuat anak tidak betah. Anak lalu mencoba mengungkapkan perasaan tidak nyamannya dengan terus-menerus menangis.

Kelelahan

Sama halnya dengan sakit, kelelahan juga bisa membuat anak cengeng. Misalnya, sehabis bermain seharian. Jika orang dewasa bisa langsung mengungkapkan kondisi tubuhnya yang lelah, maka tidak demikian dengan anak. Apalagi orang tua belum tentu langsung tanggap. Akhirnya, anak mengungkapkan kondisinya dengan sikap rewel dan cengeng.

Terlalu banyak larangan

Terlalu banyak melarang akan membuat anak berang. Di usia ini perkembangan motoriknya sedang pesat.

Nah itulah beberapa penyebab anak menjadi cengeng, sebaiknya para orang tua dapat berprilaku baik kepada anak-anaknya, jangan hanya ketika anak menangis orang tua baru memberi perhatian, maka jika seperti itu tingkah laku menangisnya anak akan dijadikan sebagai alat untuk menarik perhatian.


(Visited 215 times, 1 visits today)